Jumat, 18 Desember 2020

Menghindari Slow Response Dengan Omnichannel

Omnichannel - Dari semua kesalahan umum yang dapat terjadi di dalam bisnis, slow response merupakan salah satu yang paling berbahaya dan akan berdampak buruk untuk bisnis Anda kedepannya.

Response yang cepat merupakan salah satu aspek terpenting dari customer service yang banyak dinilai oleh konsumen. Konsumen akan menghargai suatu bisnis jika setiap pertanyaan ataupun pesan mereka dapat diresponse dengan cepat. Saat ini, media sosial telah memberikan kemudahan bagi para pebisnis untuk merespon chat atau pertanyaan dari konsumen dengan instan. Yang artinya, setiap konsumen mengharapkan respon yang instan dan juga cepat dari para pelaku bisnis saat ini.


Dampak Buruk Tidak Menerapkan Omnichannel Untuk Slow Respon


omnichannel
omnichannel

  1. Konsumen Akan Pergi

Apa yang akan dilakukan oleh konsumen Anda jika pesan atau chat mereka tidak dibalas lebih dari satu hari? Tentunya saja konsumen tersebut akan pergi dan mencari produk yang mereka inginkan di toko yang lain.

Dari hal tersebut Anda pasti sudah menangkap seberapa fatalnya jika bisnis Anda memiliki response yang lambat terhadap konsumen.

 

  1. Reputasi Bisnis Anda Menurun

Reputasi bisnis Anda pastinya akan menurun, jika Anda terus membiarkan masalah slow response ini terus berlangsung tanpa menanganinya.

Reputasi bisnis yang turun artinya bisnis Anda akan kesulitan untuk dipercaya lagi oleh konsumen. Baik itu konsumen lama maupun baru.

 

  1. Pendapatan Menurun

Profit atau pendapatan merupakan hal terpenting dalam suatu bisnis. tanpa adanya profit atau pendapatan, maka bisnis Anda akan sulit untuk berkembang.

Profit ini dapat terus menurun bahkan hilang jika Anda membiarkan masalah slow response ini terus berlangsung. Bagaimana tidak? Slow response dapat membuat bisnis Anda kesulitan dalam mendapatkan konsumen baru dan sulit untuk mempertahankan konsumen lama. Tanpa konsumen, bisnis Anda akan kesulitan dalam mendapatkan profit.

 

  1. Sulit Mendapat Konsumen Yang Loyal

Konsumen akan menjadi loyal, jike mereka puas dengan kualitas layanan yang diberikan kepada mereka. Tapi bagaimana konsumen merasa puas jika chat mereka tidak dibalas atau mendapatkan response yang lama?

Konsumen loyal sangat penting untuk suatu bisnis. Karena mereka yang akan melakukan repeat-order untuk bisnis Anda. Ada juga yang berpendapat jika konsumen loyal lebih berharga dibanding dengan konsumen biasa. Akan tetapi, yang namanya konsumen tetaplah berharga, baik yang loyal maupun yang tidak.

 

Lalu, bagaimana solusi untuk mengatasi slow response dalam bisnis?


omnichannel
omnichannel

Solusinya Adalah Menggunakan Platform Omnichannel

Platform omnichannel dapat menggabungkan semua platform messaging yang Anda gunakan untuk bisnis ke dalam satu platform. Jadi Anda dapat dengan mudah untuk membalas chat Whatsapp bisnis, Instagram, dan Twitter dari konsumen lewat satu aplikasi saja. Hal ini tentunya akan mempercepat Anda dalam membalas pesan dari konsumen Anda.

Omnichannel ini juga menyediakan fitur chatbot yang dapat Anda gunakan. Chatbot adalah sebuah fitur yang dibuat untuk membalas pesan konsumen secara otomatis. Chatbot akan selalu tersedia untuk menjawab setiap pertanyaan yang masuk dari konsumen bisnis Anda. Jadi, konsumen tidak perlu lagi menunggu lama untuk mendapatkan balasan dari Anda.

Selain itu, platform omnichannel ini juga dapat membantu Anda untuk mengelola stok dari berbagai macam channel bisnis Anda kedalam satu tempat. Jadi, meskipun Anda memiliki banyak channel untuk berjualan, Anda hanya perlu membuka platform omnichannel saja untuk mengatur dan juga memantau stok produk diberbagai channel bisnis Anda.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WhatsApp Blast Untuk Customer Service | Jasa SEO Website

Jasa SEO Website  - Aplikasi WhatsApp bisnis blast saat ini mulai banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk keperluan  customer service . ...