Kamis, 17 Desember 2020

5 Strategi Efektif Email Marketing Blast Gratis

Email Blast Gratis - Sejak ditemukannya email pada tahun 1978, email saat ini telah mengalami berbagai macam perkembangan. Jika yang dulunya email hanya dapat mengirimkan pesan text, kini email dapat mengirimkan berbagai macam jenis pesan. Mulai dari pesan audio, video, text, gambar, dan lain sebagainya. Bahkan saat ini, email sudah sangat populer digunakan sebagai tools marketing. Email yang digunakan untuk kebutuhan marketing biasanya disebut dengan Email Marketing.


Email Blast Gratis
Email Blast Gratis

Seiring dengan berjalannya waktu, email marketing perlahan-lahan mulai jadi tumpuan para pebisnis untuk menyasar target pasar baru bisnis mereka. Selain itu, email marketing kadang juga berisikan informasi yang dibutuhkan atau dapat menarik perhatian konsumen.

Email marketing sangat berbeda dengan media digital marketing yang lainnya seperti sosial media, iklan berbayar, dan lain sebagainya. Karena konsumen tidak akan bisa mengomentari langsung ketika dia mendapatkan email.

Meskipun konsumen tidak dapat membalas langsung atau memberikan komentar terhadap email marketing yang masuk, akan tetapi strategi email marketing ini dinilai sangat bagus untuk menjaga hubungan atau komunikasi antara pebisnis dengan konsumen. Email marketing dianggap sebagai salah satu cara yang tepat untuk mengukur kesetiaan atau loyalitas konsumen.

Konsumen yang loyal tentunya akan selalu setia menunggu update-update informasi terbaru dari bisnis Anda. Beberapa pebisnis menyebutkan jika strategi email marketing ini jauh lebih efektif daripada mengandalkan media digital marketing yang lainnya seperti sosial macam Facebook atau Twitter. Akan tetapi, untuk mencapai keberhasilan yang maksimal dalam menjalankan strategi email marketing, diperlukan juga beberapa strategi jitu dan efektif agar kegiatan email marketing dapat berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan yang Anda buta.


5 Strategi Efektif Email Marketing Blast Gratis
5 Strategi Efektif Email Marketing Blast Gratis


Strategi Efektif Email Marketing Blast Gratis

  1. Mengetahui Kebiasaan Calon Konsumen

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin menggunakan strategi email marketing adalah mengetahui terlebih dahulu kebiasaan calon konsumen Anda. Apakah konten kesukaan konsumen Anda. Apakah mereka lebih menyukai konten yang kompleks atau sederhana? Atau menyukai konten yang bersifat hiburan atau informatif?

Anda dapat mengetahui kebiasaan calon konsumen Anda jika Anda melakukan beberapa test, seperti survei ataupun pengamatan dengan menggunakan berbagai macam tools yang ada pada saat ini. Selain memahami kebiasaan calon konsumen Anda, Anda juga harus bisa mengetahui apa yang menjadi selera konsumen Anda, dalam menentukan produk yang ingin mereka beli.

Ketika Anda sudah mengetahui apa yang Anda butuhkan mulai dari kebiasaan, hingga jenis konten yang mereka sukai, hal itu tentunya akan mempermudah Anda dalam menyusuk konten untuk kegiatan email marketing bisnis Anda. Sehingga, Anda dapat membuat konten yang tepat untuk para penerima email marketing dari Anda.

 

  1. Tentukan Target Bisnsi Anda

Setelah mengetahui tentang kebiasaan konsumen, langkah berikutnya menentukan target bisnis yang ingin Anda capai. Menentukan target yang ingin dicapai juga sangat penting, karena untuk mengukur tingkat keberhasilan dari strategi email marketing yang Anda jalani.

 

  1. Buat Segmentasi Konsumen

Langkah selanjutnya yang paling penting adalah melakukan segmentasi konsumen dengan cara mengelompokan konsumen Anda berdasarkan kesamaan mereka seperti, data demografik, pendidikan, jenis kelami, umur, kesukaan, dan lain sebagainya.

Hal ini sangat berguna dan akan memudahkan Anda, agar Anda dapat memberikan konten maupun menawarkan produk yang sesuai dengan hasil segmentasi yang sudah dibuat. Sehingga membuat strategi email marketing yang Anda lakukan menjadi lebih efektif dan sesuai sasaran, hal ini tentunya akan berdampak pada naiknya nilai penjualan pada bisnis Anda.

 

  1. Menentukan Platform Email Blast Gratis/Berbayar

Strategi ini bisa dibilang sangat penting dan harus ada. Karena, jika Anda sudah melakukan langkah-langkah diatas. Maka langkah berikutnya adalah menentukan platform email blast gratis atau berbayar yang akan Anda gunakan untuk mengirimkan email marketing yang telah Anda buat.

Pastikan Anda memilih platform penyedia email blast yang tepat agar campaign email marketing Anda dapat sukses terlaksana tanpa ada kendala pada tools yang digunakan. Saat ini sudah ada banyak sekali penyedia platform email blast yang dapat Anda gunakan secara gratis untuk melakukan testing apakah platform tersebut cocok dengan apa yang Anda mau atau tidak.

Beberapa platform penyedia email blast gratis yang saya rekomendasikan untuk Anda coba antara lain, 1. OCA Indonesia

  1. MailChimp
  2. Sendinblue.

Ketiga brand tersebut menyediakan fitur email blast yang dapat Anda coba secara gratis hanya dengan cara mendaftar saja.

 

  1. Evaluasi Hasil Akhir

Hal terakhir yang paling penting dalam menjalankan strategi email marketing adalah melakukan evaluasi atau penilaian. Anda dapat melakukan evaluasi dari hasil campaign email marketing yang telah Anda lakukan. Hasil dari evaluasi ini dapat Anda jadikan sebagai bahan untuk perbaikan maupun digunakan sebagai patokan untuk membuat campaign email marketing yang baru kedepannya.

 

Kurang lebih seperti itulah 5 strategi efekti untuk menjalankan email marketing blast agar dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan renca yang diharapkan serta mencapai hasil akhir yang maksimal dan tentu saja gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WhatsApp Blast Untuk Customer Service | Jasa SEO Website

Jasa SEO Website  - Aplikasi WhatsApp bisnis blast saat ini mulai banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk keperluan  customer service . ...