Rabu, 16 Desember 2020

Menentukan Segmentasi Email Blast Secara Gratis

Menentukan Segmentasi Email Blast Secara Gratis
Menentukan Segmentasi Email Blast Secara Gratis

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan bagaimana caranya untuk membuat segmentasi pasar/audiens untuk kegiatan email blast secara gratis yang dapat Anda lakukan sendiri. Segmentasi pasar adalah sebuah kegiatan yang membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok kecil sesuai dengan karakteristik, perilaku, demografik, dan lain sebagainya.

Selain itu, segmentasi pasar juga dapat diartikan lain sebagai suatu kegiatan untuk menentukan target pasar yang tepat untuk bisnis atau usaha milik Anda. Tujuan melakukan kegiatan segmentasi pasar ini adalah untuk mempermudah Anda dalam meraih tujuan atau goals yang ingin dicapai, melalui beberapa pendekatan yang sesuai dengan kriterian bisnis atau usaha yang Anda jalani.


Cara Menentukan Segmentasi Email Blast Gratis !

Menentukan Segmentasi Email Blast Secara Gratis
Menentukan Segmentasi Email Blast Secara Gratis


Menentukan Target Pasar

Langkah awal yang paling penting adalah menentukan siapa target pasar yang Anda tuju. Hal ini sangat berguna karena untuk menyesuaikan konten maupun dalam hal mengirimkan email blast marketing. Anda dapat membagi target pasar yang Anda tuju menjadi 3 bagian:

    1. Konsumen Baru
    2. Konsumen Yang Difokuskan
    3. Konsumen Lain Yang Diluar Target Anda

Setelah Anda sudah selesai membagi konsumen Anda berdasarkan 3 target tersebut, maka langkah berikutnya adalah membaginya lagi berdasarkan kriteria-kriteria yang meliputi hal-hal dibawah ini:

    1. Demografi
    2. Media/Devices
    3. Gaya Hidup
    4. Letak Geografis
    5. Waktu


Cari Tahu Masalah dan Temukan Solusi

Meskipun Anda sudah membagi konsumen Anda berdasarkan kelompok dan juga kriteria yang berbeda-beda akan tetapi setiap konsumen pastinya memiliki masalah dan keinginana yang berbeda-beda. oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja masalah mereka dan apa yang mereka butuhkan agar Anda dapat menawarkan produk Anda ke konsumen yang tepat. Hal sangat diperlukan dalam melakukan segmentasi pasar.

 

Mengetahui Aktifitas Konsumen 

Setelah Anda sudah menemukan masalah serta menemukan solusinya untuk konsumen Anda, maka langkah berikutnya adalah mengetahui aktifitas mereka saat akan, selesai, atau berhenti menggunakan produk yang Anda tawarkan dan jual kepada mereka. Cara ini sangat ampuh untuk menang dari kompetitor Anda yang sama-sama memiliki segmentasi pasar yang sama.

 

Mempelajari Siklusnya 

Dengan mempelajari siklus pasar ini, Anda akan lebih mudah mengetahui apakah produk Anda memang benar-benar cocok dengan target pasar yang Anda pilih atau tidak. Dengan mempelajari hal-hal kecil seperti siklus konsumen, maka Anda akan menjadi lebih cepat untuk mengetahui masalah pada produk yang Anda buat.

 

Menetapkan Tujuan Bisnis

Membuat tujuan adalah hal yang sangat penting untuk bisnis. Setiap segmentasi konsumen yang sudah dibuat, pastinya memiliki karakteristik, kebutuhan, keinginan, dan perilaku yang berbeda-beda. Akan tetapi, hal tersebutlah yang membuat segmentasi yang telah Anda buat memiliki satu tujuan yang kuat.

Sesudah Anda membaca artikel ini, apakah Anda sudah menentukan segmentasi pasar yang sesuai dengan usaha atau bisnis yang Anda jalankan? Jika belum, Anda bisa memulai dari hal yang kecil terlebih dahulu seperti sharing atau bertanya kepada orang yang sudah lama berpengalaman dalam bidang usah yang Anda jalani, mengenai bagaimana cara mereka dalam menentukan konsumen, menentukan segmetnasi pasar, mengelola konsumen dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WhatsApp Blast Untuk Customer Service | Jasa SEO Website

Jasa SEO Website  - Aplikasi WhatsApp bisnis blast saat ini mulai banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk keperluan  customer service . ...