Senin, 19 Oktober 2020

Pentingnya Target Market Untuk Email Marketing

Email Blast - Semua pebisnis baik itu pebisnis lama maupun pebisnis baru pastinya mereka semua menginginkan hal yang sama yaitu mendapatkan keuntungan, tapi apakah mereka semua berhasil mendapatkannya? Tidak, tidak semua pebisnis berhasil mendapatkan keuntungan yang mereka tuju.

Hal itu bisa terjadi karena sebagian pebisnis merasa tidak percaya diri lagi dalam mengiklankan atau mempromosikan bisnisnya. Hal itu karena, kebanyakan dari mereka sudah mengeluarkan banyak modal tapi hasil yang didapatkan tidak sebanding dengan apa yang mereka sudah keluarkan.


email blast gratis
email blast gratis


Yang jadi pertanyaannya adalah, apakah mereka atau Anda sudah menargetkan target market yang tepat untuk bisnsi Anda? Jika sudah tepat, hal seperti itu mana mungkin akan terjadi.

Jadi sebelum Anda memulai melakukan kegiatan promosi, Anda terlebih dahulu harus mengetahui siapa target market yang cocok dengan bisnis Anda. Jangan sampai, Anda memulai bisnis tanpa tau atau belum menentukan siapa target market Anda.

Bisnis itu bukan hanya soal menjual barang atau jasa tanpa berfikir, sebelum Anda terjun kedalam dunia bisnis Anda terlebih dahulu harus mengetahui siapa target market yang Anda tuju. Meskipun Anda adalah seorang pebisnis, Anda juga harus bisa memposisikan diri Anda sebagai target market atau konsumen, agar Anda dapat mengetahui apa saja kebutuhan yang dibutuhkan oleh target market yang Anda tuju. Menentukan target market sebelum memulai suatu bisnis itu sangat penting? Mengapa penting? Dibawah ini adalah alasan yang membuat hal tersebut sangat penting.

 

email blast gratis
email blast gratis

Pentingnya Target Market Untuk Email Marketing

1. Menjadi Lebih Fokus

Bisnis Anda akan menjadi lebih efisien karena Anda hanya akan berfokus pada target market yang Anda tuju. Jadinya Anda tidak akan membuang waktu lagi karena Anda hanya akan fokus pada target market saja. Saat ini, tidak sedikit juga pebisnis yang masih membuang-buang waktu mereka karena mereka tidak fokus. Atau mungkin Anda adalah salah satu pebisnis tersebut?

Hal ini dapat terjadi karena mungkin mereka atau bahkan Anda belum menentukan atau menemukan target market bisnisnya dan hal tersebut dapat berdampak dengan hasil yang akan didapatkan nantinya.

 

2. Lebih Tepat Sasaran

Dengan menentukan target market terlebih dahulu, maka iklan atau promosi yang Anda buat akan jauh lebih tepat sasaran dalam menjangkau target market yang dituju.

Jika target market yang ditentukan sudah tepat, maka keuntungan yang akan Anda dapatkan akan maksimal hasilnya. Hal itu tentunya akan sangat berbeda jika Anda belum menentukan siapa target market Anda. Maka hasil yang akan didapatkan nanya tidak akan sesuai dengan apa yang Anda harapkan atau bahkan dapat membawa masalah baru kedalam bisnis Anda.

 

3. Lebih Mudah Dalam Membuat Konten Untuk Kegiatan Marketing

Membuat sebuah konten untuk kegiatan email blast marketing itu sangat sulit. Apalagi jika Anda sendiri belum tau siapa target market yang Anda tuju. Anda pastinya akan kesusahan dalam membuat konten yang relevan dengan target market yang dituju.

Membuat konten untuk kegiatan email blast marketing akan lebih mudah jika Anda sudah mengetahui siapa target market yang Anda tuju. Ketika sudah mengetahui siapa yang Anda tuju atau targetkan, Anda hanya harus memposisikan sebagai diri mereka atau dapat membuat sebuah survey untuk mengetahui apa saja kesukaan mereka. Dengan cara tersebut, Anda akan lebih mudah untuk menentukan ide baru untuk konten email blast marketing bisnis Anda.

 

4. Peluang Terjadinya Transaksi Akan Meningkat

Coba Anda bandingkan bisnis yang sudah menetapkan target marketnya dengan bisnis yang belum menetapkan target marketnya. Hasilnya pasti akan berbeda sangat jauh sekali. Baik dari segi peminat hinga proses transaksinya. Hal itu karena target market yang sudah ditargetkan lebih menyasar ke konsumen yang lebih spesifik.

Dan dari segi konten email blast marketing pun akan menghasilkan interaksi antara pebisnis dengan konsumennya yang aktif. Semakin banyaknya atau seringnya interaksi tersebut terjadi, maka akan menaikan citra brand Anda dipikiran mereka dan tentunya hal itu juga akan membangun hubungan relasi yang baik.

 

5. Lebih Mudah Untuk Beriklan

Dalam beriklan atau memasarkan produk atau jasa itu tidak semudah seperti membicarakannya. Apalagi jika Anda sendiri belum tau atau belum menentukan siapa target market Anda saat membuat iklan untuk promosi bisnis Anda.

Anda hanya dapat menebak-nebak atau mengira-ngira siapa target market yang menurut Anda “cocok” untuk membeli atau menggunakan produk Anda dan hasilnya. Anda hanya akan membuang banyak waktu Anda yang berharga karena tidak melakukan kegiatan marketing dengan efektif dan efisien.

Jika hal ini terus terjadi, maka bisnis Anda akan jauh tertinggal dibelakang oleh para kompetitor Anda. Disaat kompetitor bisnis Anda sudah berkembang pesat, Anda masih baru memulainnya atau bahkan masih sibuk mengira-ngira lagi target market mana yang cocok dengan produk Anda.

Jadinya Anda hanya akan jauh tertinggal dibelakang oleh para kompetitor Anda. Hal itu jangan sampai terjadi jika Anda memiliki cita-cita atau tujuan untuk memajukan bisnis Anda.

Target market adalah sebuah aset sekaligus informasi terbesar untuk menunjang berkembangnya sebuah bisnis. Jika Anda dapat menemukan target market yang pas dan juga sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan, maka keuntungan akan terus mengalir kedalam bisnis Anda.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WhatsApp Blast Untuk Customer Service | Jasa SEO Website

Jasa SEO Website  - Aplikasi WhatsApp bisnis blast saat ini mulai banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk keperluan  customer service . ...