Email Blast - Semua pebisnis baik itu pebisnis lama maupun pebisnis baru pastinya mereka semua menginginkan hal yang sama yaitu mendapatkan keuntungan, tapi apakah mereka semua berhasil mendapatkannya? Tidak, tidak semua pebisnis berhasil mendapatkan keuntungan yang mereka tuju.
Hal itu bisa terjadi karena sebagian pebisnis merasa tidak
percaya diri lagi dalam mengiklankan atau mempromosikan bisnisnya. Hal itu
karena, kebanyakan dari mereka sudah mengeluarkan banyak modal tapi hasil yang
didapatkan tidak sebanding dengan apa yang mereka sudah keluarkan.
Yang jadi pertanyaannya adalah, apakah mereka atau Anda
sudah menargetkan target market yang tepat untuk bisnsi Anda? Jika sudah tepat,
hal seperti itu mana mungkin akan terjadi.
Jadi sebelum Anda memulai melakukan kegiatan promosi, Anda
terlebih dahulu harus mengetahui siapa target market yang cocok dengan bisnis
Anda. Jangan sampai, Anda memulai bisnis tanpa tau atau belum menentukan siapa
target market Anda.
Bisnis itu bukan hanya soal menjual barang atau jasa tanpa
berfikir, sebelum Anda terjun kedalam dunia bisnis Anda terlebih dahulu harus
mengetahui siapa target market yang Anda tuju. Meskipun Anda adalah seorang pebisnis,
Anda juga harus bisa memposisikan diri Anda sebagai target market atau konsumen,
agar Anda dapat mengetahui apa saja kebutuhan yang dibutuhkan oleh target
market yang Anda tuju. Menentukan target market sebelum memulai suatu bisnis
itu sangat penting? Mengapa penting? Dibawah ini adalah alasan yang membuat hal
tersebut sangat penting.
Pentingnya Target Market Untuk Email Marketing
1. Menjadi
Lebih Fokus
Bisnis Anda akan menjadi lebih efisien karena Anda hanya
akan berfokus pada target market yang Anda tuju. Jadinya Anda tidak akan membuang
waktu lagi karena Anda hanya akan fokus pada target market saja. Saat ini,
tidak sedikit juga pebisnis yang masih membuang-buang waktu mereka karena
mereka tidak fokus. Atau mungkin Anda adalah salah satu pebisnis tersebut?
Hal ini dapat terjadi karena mungkin mereka atau bahkan Anda
belum menentukan atau menemukan target market bisnisnya dan hal tersebut dapat berdampak
dengan hasil yang akan didapatkan nantinya.
2. Lebih Tepat
Sasaran
Dengan menentukan target market terlebih dahulu, maka iklan
atau promosi yang Anda buat akan jauh lebih tepat sasaran dalam menjangkau
target market yang dituju.
Jika target market yang ditentukan sudah tepat, maka
keuntungan yang akan Anda dapatkan akan maksimal hasilnya. Hal itu tentunya
akan sangat berbeda jika Anda belum menentukan siapa target market Anda. Maka
hasil yang akan didapatkan nanya tidak akan sesuai dengan apa yang Anda
harapkan atau bahkan dapat membawa masalah baru kedalam bisnis Anda.
3. Lebih
Mudah Dalam Membuat Konten Untuk Kegiatan Marketing
Membuat sebuah konten untuk kegiatan email blast marketing
itu sangat sulit. Apalagi jika Anda sendiri belum tau siapa target market yang
Anda tuju. Anda pastinya akan kesusahan dalam membuat konten yang relevan
dengan target market yang dituju.
Membuat konten untuk kegiatan email blast marketing akan lebih
mudah jika Anda sudah mengetahui siapa target market yang Anda tuju. Ketika
sudah mengetahui siapa yang Anda tuju atau targetkan, Anda hanya harus
memposisikan sebagai diri mereka atau dapat membuat sebuah survey untuk
mengetahui apa saja kesukaan mereka. Dengan cara tersebut, Anda akan lebih
mudah untuk menentukan ide baru untuk konten email blast marketing bisnis Anda.
4. Peluang
Terjadinya Transaksi Akan Meningkat
Coba Anda bandingkan bisnis yang sudah menetapkan target
marketnya dengan bisnis yang belum menetapkan target marketnya. Hasilnya pasti
akan berbeda sangat jauh sekali. Baik dari segi peminat hinga proses
transaksinya. Hal itu karena target market yang sudah ditargetkan lebih
menyasar ke konsumen yang lebih spesifik.
Dan dari segi konten email blast marketing pun akan
menghasilkan interaksi antara pebisnis dengan konsumennya yang aktif. Semakin
banyaknya atau seringnya interaksi tersebut terjadi, maka akan menaikan citra brand
Anda dipikiran mereka dan tentunya hal itu juga akan membangun hubungan relasi
yang baik.
5. Lebih
Mudah Untuk Beriklan
Dalam beriklan atau memasarkan produk atau jasa itu tidak
semudah seperti membicarakannya. Apalagi jika Anda sendiri belum tau atau belum
menentukan siapa target market Anda saat membuat iklan untuk promosi bisnis
Anda.
Anda hanya dapat menebak-nebak atau mengira-ngira siapa target
market yang menurut Anda “cocok” untuk membeli atau menggunakan produk Anda dan
hasilnya. Anda hanya akan membuang banyak waktu Anda yang berharga karena tidak
melakukan kegiatan marketing dengan efektif dan efisien.
Jika hal ini terus terjadi, maka bisnis Anda akan jauh
tertinggal dibelakang oleh para kompetitor Anda. Disaat kompetitor bisnis Anda
sudah berkembang pesat, Anda masih baru memulainnya atau bahkan masih sibuk
mengira-ngira lagi target market mana yang cocok dengan produk Anda.
Jadinya Anda hanya akan jauh tertinggal dibelakang oleh para
kompetitor Anda. Hal itu jangan sampai terjadi jika Anda memiliki cita-cita
atau tujuan untuk memajukan bisnis Anda.
Target market adalah sebuah aset sekaligus informasi terbesar
untuk menunjang berkembangnya sebuah bisnis. Jika Anda dapat menemukan target
market yang pas dan juga sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan, maka keuntungan
akan terus mengalir kedalam bisnis Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar