Email Blast Gratis - Omni channel adalah strategi marketing lintas channel/saluran yang digunakan oleh para pebisnis untuk meningkatkan pengalaman berbelanja para penggunanya.
Masyarakat Indonesia saat ini, sangat akrab sekali dengan berbagai macam aplikasi online atau sosial media untuk kegiatan berbelanja mereka. Hal tersebut yang membuat banyak pebisnis di Indonesia menerapkan strategi omni channel ini pada bisnis milik mereka. Strategi omni channel ini dinilai terbukti sangat ampuh dalam menaikkan nilai penjualan pada bisnis mereka dengan cara memberikan banyak kemudahan untuk para konsumen atau pengguna bisnis mereka.
Keuntungan Menerapkan Omnichannel
1. Window
Shopping
Strategi Omni channel tentunya akan memberikan
pengalaman yang menarik melalui window shopping untuk
para konsumen bisnis Anda.
Dengan strategi omni channel ini, Anda sebagai pemilik
bisnis dapat memperoleh data dari konsumen Anda terkait dengan produk atau jasa
yang mereka sukai atau inginkan. Data dari ketertarikan konsumen ini didapat
dari Window Shopping yang kemudian dapat digunakna untuk memperbaiki
atau meningkatkan kualitas produk yang Anda jual, guna menarik minat konsumen
lebih dalam lagi.
2. Branding
Branding ini sangat
diperlukan oleh para pelaku bisnis guna menjaga kestabilan bisnis yang sedang
dijalankannya. Branding ini dapat dengan mudah Anda lakukan, jika Anda
menerapkan strategi omni channel pada bisnis Anda. Berbagai
aplikasi yang canggih dan juga interaktif yang pastinya akan memudahkan Anda
dalam melakukan kegiatan branding bisnis Anda. Serta,
memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan para konsumen Anda.
3.
Memupuk Loyalitas Konsumen
Berbagai pebisnis besar di Indonesia sudah memanfaatkan
data para konsumen mereka untuk kebutuhan marketing, demi meningkatkan
rasa kepercayaan dari konsumen kepada penjual dengan cara memberikan voucher diskon
di hari ulang tahun mereka masing-masing, ataupun perayaan hari besar lainnya.
Hal ini dapat membuat konsumen menjadi lebih dekat dengan penjual.
Hal tersebut biasanya dilakukan oleh pebisnis dengan cara mengirimkan
semua pesan SMS ataupun Email Blast kepada semua konsumennya yang sedang
berulang tahun ataupun pada hari-hari besar tertentu.
Setelah Anda sudah memahami keuntungan dari strategi omni channel. Kini, Anda juga perlu mengetahui tentang bagaimana cara menerapkan strategi omni channel pada bisnis online milik Anda.
Platform |
1. Memilih
Platform Yang Sesuai
Saat ini sudah ada banyak sekali platform yang dapat
digunakan untuk berbisnis. Contohnya adalah Facebook Page, Instagram Business, WhatsApp Bisnis, Twitter Business, Email Blast Gratis, dan lain sebagainya. Anda hanya perlu mempelajari
kebiasaan dari para konsumen bisnis Anda, seperti platform apa yang sering
mereka gunakan untuk berbelanja online dan lain sebagainya.
Hal tersebut tentunya dapat berguna agar Anda dapat memilih
platform yang tepat dan juga sesuai untuk digunakan berbisnis.
2.
Kebiasaan Konsumen
Setelah Anda sudah menemukan platform yang menurut Anda
cocok berdasarkan data kebiasaan dari konsumen Anda. Maka langkah selanjutnya
adalah Anda dapat mempelajari lagi lebih detail tentang kebiasan para konsumen
Anda. Seperti kapan konsumen Anda biasanya melakukan transaksi dan konten
seperti apa yang mereka sukai.
Dengan mempelajari hal-hal tersebut tentunya Anda akan
menjadi lebih mudah dalam mendapatkan gambaran untuk dapat melancarkan strategi
marketing yang lainnya.
Memahami strategi omni channel berarti
mengetahui bagaimana caranya bisnis bekerja. Teknologi yang kian berkembang
setiap harinya mau tidak mau harus memaksa Anda sebagai pebisnis untuk dapat
beradaptasi. Ada kalanya bisnis membutuhkan sesuatu yang offline tapi
ada saatnya juga bisnis memerlukan upgrade ke online.
Ketika Anda sudah memahami dan juga mengerti tentang bagaimana
omni channel bekerja, maka Anda sejatinya sudah siap
mengembangkan bisnis Anda dengan strategi omni channel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar