Jumat, 23 Oktober 2020

Target Pasar dan Manfaatnya

Email Blast Gratis - Para pelaku bisnis pastinya menginginkan bisnis yang di jalankannya dapat berkembang dan memberikan keuntungan yang maksimal. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan sebuah strategi marketing yang efektif dan juga jitu, seperti menentukan siapa target pasar yang dituju.

Target pasar ini merupakan istilah yang umum dan juga harus diketahui oleh setiap pebisnis, baik yang baru terjun maupun yang sudah lama berkecimpung didunia bisnis.

Target pasar sendiri adalah sekumpulan konsumen yang menjadi target atau sasaran para pemilik bisnis untuk menawarkan produk atau jasa yang mereka jual dengna harapan mereka membeli produk atau jasa yang ditawarkan tersebut. Menentukan target pasar ini memiliki tujuan untuk mengelompokkan konsumen menjadi kelompok dengan ciri-ciri atau kategori tertentu.

Sebelum menentukan siapa target pasar yang dituju, pemilik bisnis terlebih dahulu harus melakuakn segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah sebuah proses memecah kelompok konsumen yang besar menjadi kelompok yang kecil. Segmentasi konsumen ini harus dilakukan terlebih dahulu sebelum menentukan target pasar yang dituju.

Pentingnya Segmentasi Konsumen


email blast gratis
Segmentasi


1. Ukuran Segmen

Penentuan ukuran segmentasi tergantung dari kebijakan perusahaan ataupun pengelola bisnisnya. Biasanya perusahaan besar cenderung akan lebih menargetkan segmentasi yang besar, begitupun dengan sebaliknya. Penentuan ukuran segmentasi ini biasanya dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditargetkan masing-masing perusahaan untuk kebutuhan email blast marketing.


 

email blast gratis
Pertumbuhan Segmentasi

2. Pertumbuhan Segmen

Perlu dicatat bahwa segmentasi ini bersifat dinamis yang artinya akan selalu berubah-ubah. Menganalisis pertumbuhan segmentasi harus dilakukan sebelum Anda menentukan target pasar. Segmentasi dapat tumbuh lebih besar ataupun lebih kecil seiring dengan berjalannya waktu.

 

3. Posisi Persaingan

Jika Anda memilih segmentasi yang berukuran besar, biasanya akan mendatangkan keuntungan yang lebih banyak dibandingkan jika Anda memilih segmentasi yang berukuran kecil. Segmentasi juga dipengaruhi oleh persaingan, jadi jika Anda memilih segmentasi besar tapi minim persaingan maka keuntungan besar tidak dapat Anda tolak lagi.

 

email blast gratis
Analisa situasi

4. Analisis Situasi

Pemilih usaha atau bisnis dituntut juga harus bisa menganalisis situasi secara cermat. Analisis ini biasanya berhubungan dengan konsumen, pemasok, serta distributor. Analisis ini dapat dilakukan dengan berbagai metode, salah satu contohnya adalah dengan menerapkan analisis SWOT.

 

email blast gratis
Biaya mencapai segmen

5. Biaya Mencapai Segmen

Pemilik usaha atau bisnis juga perlu mempertimbangkan biaya untuk mencapai segmentasi yang ditargetkan. Apabila segmentasi yang ditargetkan harus mengeluarkan biaya yang sangat tinggi, alangkah baiknya Anda memilih segmentasi yang lain terlebih dahulu. Cara ini harus diketahui oleh para pebisnis agar dana yang dikeluarkan tidak akan sia-sia.

 

email blast gratis
Sesuai Tujuan

6. Sesuai Tujuan

Setelah segmentasi sudah ditentukan, langkah berikutnya adalah Anda harus fokus pada segmentasi tersebut. Sebisa mungkin terus menggali potensi yang ada disegmentasi tersebut, jangan pernah tergoda untuk pindah segmentasi karena memiliki resiko kerugian yang cukup besar.

 

email blast gratis
Target Pasar

7. Pelaksanaan Target Pasar

Langkah selanjutnya adalah melaksanakan pemilihan target pasar. Untuk melakukannya, para pemilik bisnis harus melakukannya dengan proses yang urut dan sistematis seperti dibawah ini:

  1. Membuat acuan pemasaran untuk menentukan segmentasi pasar yang telah ditargetkan.
  2. Memilih segmentasi pasar serta target yang ingin dicapai oleh pemilik bisnis.
  3. Mengembangkan produk atau jasa yang sesuai dengan segmentasi pasar.
  4. Mengembangkan profil segmentasi pasar yang akan dihasilkan.
  5. Menambah kriteria segmentasi pasar jika diperlukan.
  6. Melakukan identifikasi pada segmentasi pasar yang sudah ada.

Para pemilik bisnis dihimbau harus berhati-hati dalam melakukan penilaian dan pertimbangan saat menentukan target pasar yang akan dituju. Hal ini bertujuan agar segmentasi yang dipilih dapat menyesuaikan dengan target yang telah dibuat.

Manfaat yang akan didapatkan jika bisnis Anda sudah memiliki target pasar, antara lain seperti:

  • Kegiatan pemasaran jadi lebih jelas.
  • Produk atau jasa yang dijual dapat sesuai dengan target yang ditetapkan.
  • Mengelola keuangan usaha secara efisien dan juga cermat.
  • Menciptakan daya tarik pemasaran tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WhatsApp Blast Untuk Customer Service | Jasa SEO Website

Jasa SEO Website  - Aplikasi WhatsApp bisnis blast saat ini mulai banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk keperluan  customer service . ...