Email Blast - Kita mungkin sering kali mendapatkan kiriman email yang masuk kedalam inbox email kita setiap harinya. Ada email dari marketplace dengan menawarkan promo menarik, ada juga email dari organisasi nasional seperti NGO dengan gerakan yang akan mereka lakukan dalam waktu dekat, dan lain sebagainya.
Email-email itu disebut dengan email blast marketing,
yaitu sebuah email yang dikirimkan kebanyak orang dalam waktu bersamaan.
Email blast ini kebanyak digunakan untuk tujuan marketing.
Sehingga tidak jarang juga orang-orang menyebutnya sebagai email marketing.
Tidak hanya bisnis/perusahaan yang sudah besar saja yang dapat menggunakan
email blast ini. Kalian pun juga dapat menggunakan email blast ini asalkan tau
cara penggunaanya.
Email blast ini tidak dapat digunakan pada penyedia platform
email gratis seperti Google Mail, Yahoo, Hotmail dan lain sebagainya. Anda
perlu menggunakan jasa yang menyediakan layanan platform email blast. Salah
satu contoh penyedia layanan Email Blast Gratis yang saat ini tengah naik daun
adalah OCA Indonesia.
Beberapa fitur dan juga layanan yang ditawarkan platform email
blast seperti fitur email otomatis, segmentasi audiens, laporan, hingga
analisis performa email. Dengan begitu, Anda akan jadi lebih mudah untuk
menganalisa hasil email campaign yang Anda lakukan.
tips memilih platform email blast |
Kriteria Platform Layanan Email Blast Terbaik
Saat ini telah ada banyak sekali platform yang menyediakan
layanan email blast. Jadi Anda jangan sampai asal memilih platform email blast
untuk bisnis Anda. Dibawah ini adalah tips untuk memilih platform email blast
marketing.
Kenali Tujuan Bisnis Anda |
1. Kenali Tujuan Bisnis Anda
Yang harus Anda perhatikan pertama kali adalah mengenai tujuan
yang ingin dicapai oleh bisnis Anda. Dengan memahami tujuan apa yang ingin
dicapai oleh bisnis Anda, maka Anda dapat menghemat dana bisnis Anda. Karena,
Anda hanya akan mencari platform email blast yang sesuai dengan kebutuhan
bisnis Anda.
Pilih platform Anda |
2. Memilih Platform Gratis atau Berbayar
Terdapat banyak penyedia platform email blast mulai dari
yang berbayar hingga gratis sangat mudah untuk dicari saat ini. Platform versi
gratis atau trialnya tentu saja memiliki fitur yang terbatas.
Agar dapat menikmati semua fitur, Anda hanya perlu membeli
atau berlangganan platform email blast saja. Harga serta fitur yang ditawarkan
pun sangat beragaman, Anda dapat memilih dan menentukan mana yang menurut Anda
cocok sesuai dengan tujuan bisnsi yang ingin Anda capat.
Segmentasi Audiens |
3. Segmentasi Audiens
Agar email blast marketing yang dijalankan dapat berjalan
dengan baik, perlu adanya target market yang didapat melalui segmentasi audiens.
Agar email yang Anda kirim dapat sampai ke orang yang tepat, Anda perlu memilih
platform email blast yang memiliki fitur untuk meng-segmentasi audiens agar
email marketing yang Anda kirim dapat sampai dan dibaca oleh orang yang pas dan
sesuai dengan target market bisnis Anda.
template yang disesuaikan |
4. Template Yang Disesuaikan
Agar email blast marketing memiliki tampilan yang menarik,
Anda perlu menggunakan template. Template yang digunakan tidak boleh
sembarangan, Anda harus menggunakan template yang disesuaikan dengan segmentasi
audiens. Fungsi template ini bukan hanya untuk membuat tampilan email agar terlihat
menarik, tetapi juga membuat email yang dikirim terlihat lebih profesional.
Apalagi jika Anda mengirim email blast marketing tersebut
dengan mengatas namakan perusahaan atau brand bisnis Anda.
Mobile friendly |
5. Dapat Diakses Melalui Perangkat Mobile
Pastikan platform email blast marketing yang Anda pilih
memiliki template atau tema email yang dapat diakses melalui perangkat mobile. Hal
ini sangat penting agar ketika penerima email membuka emailnya, tampilan yang
mereka dapatkan tidak jauh berbeda ketika mereka membukanya lewat desktop
atau PC.
customer support |
6. Customer Support
Pastikan platform email blast marketing yang Anda pilih
memeiliki layanan customer supportnya guna membantu Anda ketika mengalami
masalah atau kendala saat menggunakan platform email blast marketing yang
mereka miliki. Customer support dapat membantu Anda untuk menyelesaikan serta
menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. Dengan begitu, Anda tidak perlu
lagi merasa kebingungan ketika Anda menemui atau mendapatkan masalah saat
menggunakan platform email blast marketing milik mereka.
Analisis email |
7. Analisis Email
Yang terakhir adalah memilih platform email blast marketing
yang memiliki fitur analisis email blast campaignya. Fitur ini berguna untuk
mengefaluasi hasil campaign yang sudah dilakukan guna menemukan strategi yang
tepat untuk campaign-campaign email blast marketing yang selanjutnya.
Beberapa fitur yang biasanya terdapat dalam menu analisis
email adalah jumlah konsumen atau penerima yang membuka email, total yang
mengklik tautan atau CTA, sampai jumlah konsumen atau penerima yang berhenti
berlangganan email marketing dari Anda.
Data ini dapat Anda gunakan untuk membuat report bulanan
serta menyusun strategi email blast marketing yang berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar