Kamis, 05 November 2020

Tips Memilih Platform Email Blast

Email Blast - Kita mungkin sering kali mendapatkan kiriman email yang masuk kedalam inbox email kita setiap harinya. Ada email dari marketplace dengan menawarkan promo menarik, ada juga email dari organisasi nasional seperti NGO dengan gerakan yang akan mereka lakukan dalam waktu dekat, dan lain sebagainya.

Email-email itu disebut dengan email blast marketing, yaitu sebuah email yang dikirimkan kebanyak orang dalam waktu bersamaan.

Email blast ini kebanyak digunakan untuk tujuan marketing. Sehingga tidak jarang juga orang-orang menyebutnya sebagai email marketing. Tidak hanya bisnis/perusahaan yang sudah besar saja yang dapat menggunakan email blast ini. Kalian pun juga dapat menggunakan email blast ini asalkan tau cara penggunaanya.

Email blast ini tidak dapat digunakan pada penyedia platform email gratis seperti Google Mail, Yahoo, Hotmail dan lain sebagainya. Anda perlu menggunakan jasa yang menyediakan layanan platform email blast. Salah satu contoh penyedia layanan Email Blast Gratis yang saat ini tengah naik daun adalah OCA Indonesia.

Beberapa fitur dan juga layanan yang ditawarkan platform email blast seperti fitur email otomatis, segmentasi audiens, laporan, hingga analisis performa email. Dengan begitu, Anda akan jadi lebih mudah untuk menganalisa hasil email campaign yang Anda lakukan.

 

email blast gratis
tips memilih platform email blast

Kriteria Platform Layanan Email Blast Terbaik

Saat ini telah ada banyak sekali platform yang menyediakan layanan email blast. Jadi Anda jangan sampai asal memilih platform email blast untuk bisnis Anda. Dibawah ini adalah tips untuk memilih platform email blast marketing.


email blast gratis
Kenali Tujuan Bisnis Anda


1. Kenali Tujuan Bisnis Anda

Yang harus Anda perhatikan pertama kali adalah mengenai tujuan yang ingin dicapai oleh bisnis Anda. Dengan memahami tujuan apa yang ingin dicapai oleh bisnis Anda, maka Anda dapat menghemat dana bisnis Anda. Karena, Anda hanya akan mencari platform email blast yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

 

email blast gratis
Pilih platform Anda


2. Memilih Platform Gratis atau Berbayar

Terdapat banyak penyedia platform email blast mulai dari yang berbayar hingga gratis sangat mudah untuk dicari saat ini. Platform versi gratis atau trialnya tentu saja memiliki fitur yang terbatas.

Agar dapat menikmati semua fitur, Anda hanya perlu membeli atau berlangganan platform email blast saja. Harga serta fitur yang ditawarkan pun sangat beragaman, Anda dapat memilih dan menentukan mana yang menurut Anda cocok sesuai dengan tujuan bisnsi yang ingin Anda capat.

 

email blast gratis
Segmentasi Audiens

3. Segmentasi Audiens

Agar email blast marketing yang dijalankan dapat berjalan dengan baik, perlu adanya target market yang didapat melalui segmentasi audiens. Agar email yang Anda kirim dapat sampai ke orang yang tepat, Anda perlu memilih platform email blast yang memiliki fitur untuk meng-segmentasi audiens agar email marketing yang Anda kirim dapat sampai dan dibaca oleh orang yang pas dan sesuai dengan target market bisnis Anda.

 

email blast gratis
template yang disesuaikan

4. Template Yang Disesuaikan

Agar email blast marketing memiliki tampilan yang menarik, Anda perlu menggunakan template. Template yang digunakan tidak boleh sembarangan, Anda harus menggunakan template yang disesuaikan dengan segmentasi audiens. Fungsi template ini bukan hanya untuk membuat tampilan email agar terlihat menarik, tetapi juga membuat email yang dikirim terlihat lebih profesional.

Apalagi jika Anda mengirim email blast marketing tersebut dengan mengatas namakan perusahaan atau brand bisnis Anda.

 

email blast gratis
Mobile friendly

5. Dapat Diakses Melalui Perangkat Mobile

Pastikan platform email blast marketing yang Anda pilih memiliki template atau tema email yang dapat diakses melalui perangkat mobile. Hal ini sangat penting agar ketika penerima email membuka emailnya, tampilan yang mereka dapatkan tidak jauh berbeda ketika mereka membukanya lewat desktop atau PC.

 

email blast gratis
customer support

6. Customer Support

Pastikan platform email blast marketing yang Anda pilih memeiliki layanan customer supportnya guna membantu Anda ketika mengalami masalah atau kendala saat menggunakan platform email blast marketing yang mereka miliki. Customer support dapat membantu Anda untuk menyelesaikan serta menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi merasa kebingungan ketika Anda menemui atau mendapatkan masalah saat menggunakan platform email blast marketing milik mereka.

 

email blast gratis
Analisis email

7. Analisis Email

Yang terakhir adalah memilih platform email blast marketing yang memiliki fitur analisis email blast campaignya. Fitur ini berguna untuk mengefaluasi hasil campaign yang sudah dilakukan guna menemukan strategi yang tepat untuk campaign-campaign email blast marketing yang selanjutnya.

Beberapa fitur yang biasanya terdapat dalam menu analisis email adalah jumlah konsumen atau penerima yang membuka email, total yang mengklik tautan atau CTA, sampai jumlah konsumen atau penerima yang berhenti berlangganan email marketing dari Anda.

Data ini dapat Anda gunakan untuk membuat report bulanan serta menyusun strategi email blast marketing yang berikutnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WhatsApp Blast Untuk Customer Service | Jasa SEO Website

Jasa SEO Website  - Aplikasi WhatsApp bisnis blast saat ini mulai banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk keperluan  customer service . ...