Rabu, 23 Desember 2020

Strategi Email Blast Marketing Efektif Untuk Bisnis

Email Blast Marketing - Sejak ditemukan hingga sampai saat ini. Platform email terus mengalami perkembangan, jika dulu email hanya digunakan untuk mengirim pesan, kini email sudah dapat digunakan untuk membantu kita dalam menjalankan kegiatan marekting.

Email yang digunakan untuk kegiatan marekting disebut dengan Email Marketing. Seiring dengan berjalannya waktu, strategi email marketing ini menjadi tumpuan para pebisnis untuk menyasar konsumen baru. Selain digunakna untuk kegiatan marekting seperti menawarkan penawaran dan juga promosi, email marketing ini juga digunakan untuk membagikan informasi penting yang tentunya sangat berguna untuk konsumen.

Email blast marketing ini tentunya memiliki konsep yang sangat berbeda dengan media digital marketing yang lainnya. Konsep yang dimaksud disini adalah, konsumen tidak akan bisa melakukan komentar dan juga tidak akan bisa melihat komentar dari konsumen lain.

Meskipun begitu, strategi ini dapat Anda gunakan sebagai strategi jangka panjang untuk menjalin relasi dengan para konsumen Anda.

Strategi Efektif Email Blast Marketing Untuk Bisnis

Email Blast Marketing
Email Blast Marketing


  1. Mengetahui Target Konsumen

Hal pertama yang bisa Anda lakukan guna menyususn strategi yang efektif untuk menggunakan Email Marketing adalah dengan mengetahui siapa traget konsumen yang Anda tuju. Anda harus dapat mencari informasi sebanyak-banyakanya tentang konsumen yang Anda tuju, mulai dari konten yang mereka sukai, produk yang mereka cari atau butuhkan, apa yang merka cari, dan lain sebagainya.

Ketika Anda telah mengetahui hal-hal tersebut, maka Anda akan dimudahkan dalam membuat konten untuk kegiatan marketin bisnis Anda. Tujuannya adalah agar konten yang Anda buat dan Anda kirim lebih tepat sasaran. Sehingga dapat meningkatkan minat konsumen untuk membuka dan membaca email yang Anda kirimkan kepada mereka.

 

  1. Tentukan Target Penjualan

Setelah mengetahui target konsumen yang akan Anda tuju, maka berikutnya adalah menentukan target penjualan atau goals yang ingin Anda capai. Seberapa banyak yang ingin Anda dapatkan pada campaign yang Anda buat ini. Dalam menentukan target penjualan tentunya tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Perlu adanya riset yang mendalam tentang hal tersebut. Anda dapat mengambil nilai rata-rata dari total cost yang Anda keluarkan untuk biaya produksi.

 

  1. Mengkategorikan Konsumen

Langkah berikutnya adalah mengkategorikan konsumen Anda. Anda dapat mengkategorikan dan juga memilih konsumen Anda berdasarkan usia, jenis kelamin, ataupun domisili konsumen Anda tinggal.

Ketika Anda sudah mengkategorikan konsumen Anda berdasarkan hal-hal tersebut, maka akan sangat mudah bagi Anda untuk memberikan informasi produk yang Anda jual kepada mereka. Sehingga Anda dapat menjual produk yang Anda miliki sesuai dengan kategori yang telah Anda buat sebelumnya untuk mencapai goals atau target penjualan yang sudah Anda susun.

 

  1. Menentukan Jenis Kampanye

Menentukan jenis kampanye merupakan hal yang sangat penting ketika Anda telah melakukan ketiga hal diatas. Pastikan jika jenis campaign yang Anda gunakan sudah sesuai dengan kebutuhan Anda dan sesuai dengan kategori yang dipilih.

Selain jenis kampanye, pemilihan waktu dalam mengirimkan email marketing juga sangatlah penting untuk diperhatikan. Anda dapat mempelajari kapan waktu-waktu terbaik untuk mengirimkan email marketing kepada konsumen Anda. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan kemungkinan email yang Anda kirim dibuka dan dibaca samapai habis oleh mereka.

 

  1. Lakukan Evaluasi Hasil Campaign

Setelah Anda melakukan empat strategi tersebut langkah Anda belum lah berakhir. Anda harus melakukan evaluasi untuk mengetahui hasil akhir dari campaign yang telah Anda jalankan. Apakah hasilnya sudah berhasil mencapai goals yang sudah ditentukan atau belum. Jika belum, cari tahu penyebab mengapa Anda tidak berhasil mencapai goals tersebut. Jika sudah, maka Anda sudah dapat mengantisipasi kegagal tersebut, jika ingin menjalankan strategi campaign email marketing lagi kedepannya.

Selain itu, untuk dapat menggunakan strategi Email Marketing ini, Anda memerlukan sebuah platform tambahan yaitu platform Email Blast. Platform Email blast ini dapat Anda gunakan untuk mengirim pesan Email kepada konsumen Anda dengan mudah dan cepat.

Saat ini sudah ada berbagai penyedia platform Email Blast gartis yang dapat Anda coba seperti MailChimp, OCA Indonesia, kirim.email, dan sendinblue. Para penyedia platform tersebut juga menawarkan platform Email Blast Gratis yang dapat Anda coba sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WhatsApp Blast Untuk Customer Service | Jasa SEO Website

Jasa SEO Website  - Aplikasi WhatsApp bisnis blast saat ini mulai banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk keperluan  customer service . ...