Senin, 20 Juli 2020

Perbedaan Email Marketing dengan Email Automation

Email Blast Gratis

Marketing Saya - Sekilas email marketing dan email automation memang terlihat sama, keduanya menggunakan email sebagai fungsi utama prosesnya. Sederhananya, jika dalam email marketing Anda membuat satu email kemudian dikirim ke banyak orang atau ke label tertentu, dalam email automation, email akan otomatis dikirim jika pengguna melakukan aksi tertentu.

Perbedaan Email Marketing dan Email Automation

 

Email Blast Gratis

Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu channel yang masih banyak digunakan oleh marketer untuk melakukan proses digital marketing. Proses dasar email marketing adalah mengirim email secara masal kepada kontak yang dimiliki oleh pengguna. Ada berbagai macam jenis email yang dikirim, mulai dari email promosi, sampai email informasi. Setiap email yang dikirim bertujuan untuk terus menjaga hubungan antara pemilik bisnis dengan para pelangganya.

Email marketing dinilai jauh lebih murah dan efisien dibanding dengan promosi door to door atau membagikan brosur di jalan, hal ini menjadikan email marketing jauh lebih disukai dan banyak dipakai untuk urusan digital marketing. Pada saat ini email marketing telah berevolusi dan tidak hanya menangani masalah pengiriman email secara masal saja. Sudah banyak penyedia layanan email marketing tools yang menambahkan fitur fitur yang menarik dan tentunya akan sangat mendukung kegiatan digital marketing.

 

Email Blast Gratis

Email Automation

Email Automation adalah sebuah fitur menu yang ditambahan pada website ataupun aplikasi, biasanya dibuat seperti form yang mana jika pengujung mengisi data pada form tersebut lalu memicu “trigernya” maka secara otomatis akan ada email yang dikirim kepada pengujung tersebut. Jenis email tersebut biasanya berupa promosi, ataupun penawaran.

Dalam email marketing, setiap kali Anda ingin mengirim email maka terlebih dahulu Anda harus membuat email tersebut lalu kemudian mengirimnya kepada kontak yang sudah ditentukan. Tapi dalam email automation, Anda harus membuat satu skenario, kemudian isi konten email yang akan dikirim, lalu menjalankannya. Setiap kali ada pengujung yang melakukan trigger tersebut, maka secara otomatis email akan terkirim.

Ada banyak sekali jenis email yang dapat dikirim oleh email automation, tapi biasanya jenis email series seperti welcome email, birthday email, atau email lain yang membutuhkan follow up lebih dari satu email.

Baik itu email marketing atau email automation keduanya sama sama penting dalam dunia bisnis, dan keduanya memiliki peran masing-masing dalam digital marketing.


Bagi Anda yang mau mencoba merasakan fitur dari Email Blast secara gratis, Anda dapat mengujungi website berikut ini yang menyediakan layanan trial Email Blast Gratis selama 30 hari tanpa perlu mendaftarkan kartu kredit Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WhatsApp Blast Untuk Customer Service | Jasa SEO Website

Jasa SEO Website  - Aplikasi WhatsApp bisnis blast saat ini mulai banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk keperluan  customer service . ...