Marketing Saya - Agar bisnis kita mudah ditemukan oleh konsumen, perlu adanya usaha keras untuk menarik perhatian konsumen agar mengunjungi usaha kita. Saat ini, bisnis harus memiliki media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp Bisnis, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah untuk memudahkan konsumen dalam menemukan bisnis kita dan juga memudahkan kita dalam mencari konsumen baru.
Tapi, dengan banyaknya media sosial yang bisnis Anda miliki,
tentunya Anda akan sangat kerepotan dalam me-manage nya bukan. Karena Anda
harus me-manage akun media sosial dan juga komunitas atau halaman bisnis media
sosial yang Anda miliki.
Anggap saja bisnis Anda menggunakan banyak sosial media,
seperti LINE, Whatsapp Bisnis, Instagram, Facebook, dan website untuk
memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan para konsumen bisnis Anda. Media
sosial tersebut tentunya memiliki channel yang berbeda-beda, yang artinya admin
atau customer service yang Anda miliki harus berganti-ganti channel sosial
media ketika ingin menjawab pertanyaan dari konsumen bisnis Anda.
Jika chat yang masuk masih terbilang sedikit, tentunya hal
itu bukanlah sebuah masalah yang besar. Tapi bagaimana jika chat yang masuk ada
ratusan, bahkan ribuan. Pastinya akan lama sekali dalam membalas chat dari
konsumen tersebut satu persatu atau malah tidak terbalaskan karena tertumpuk
oleh chat yang baru.
Lalu, apakah ada cara untuk mengatasi masalah tersebut? Oh,
tentu ada. Saat ini sudah ada teknologi yang dapat membungkus semua channel marketing
tersebut menjadi satu. Nama teknologi tersebut adalah Omnichannel.
Omnichannel
Platform omnichannel ini dapat membantu Anda untuk menerima
dan membalas chat cusomter dari berbagai media sosial seperti LINE, Whatsapp Business Blast, hingga Instagram. Hal tersebut dapat Anda lakukan hanya dengan
menggunakan satu platform saja. Karena semua aplikasi atau media sosial akan
terintegrasi menjadi satu ke dalam platform omnichannel, sehingga Anda tidak
perlu berpindah-pindah media atau platform ketika ingin menjadawab pertanyaan
masuk dari konsumen.
Platform omnichannel ini dinilai bisa dan dapat menjaga kualitas
pelayanan bisnis Anda, hampir disemua channel marketing. Yang artinya, pelayanan
atau services yang dirasakan oleh konsumen di channel marketing A akan sama rasanya
ketika konsumen tersebut menghubungi lewat channel marketing B.
Terkadang masih ada banyak kejadian di mana admin lupa
mengecek media sosial bisnis miliknya karena merasa jarang ada chat yang masuk
dari konsumen mereka di media sosial tersebut. Akibatnya mungkin ada beberapa chat
penting dari konsumen yang tidak terbalas. Hal tersebut tentunya tidak akan
terjadi jika Anda menggunakan platform omnichannel untuk bisnis Anda. Karena
dengan menggunakan platform omnichannel ini, Anda dapat dengan mudah me-manage
semua akun media sosial yang bisnis Anda miliki. Dengan begitu, jika ada
pertanyaan yang masuk dari konsumen, Anda akan dengan mudah mengetahui dan
dapat langsung menjawabnya.
Manfaat Lain
Dari Platform Omnichannel
Sebenarnya, saat ini sudah ada layanan yang menyediakan
fitur untuk mengirim dan menerima pesan dari banyak sosial media dengan mudah. Akan
tetapi, aplikasi atau layanan tersebut hanya terbatas menerima dan mengirim
pesan saja. Tidak ada kelebihan yang lain. Dibawah ini adalah kelebihan lain dari
platform omnichannel:
Menyatukan
Beberapa Channel Penjualan Menjadi Satu
Mengintegrasikan beberapa channel penjualan menjadi satu tentunya
akan sangat memudahkan Anda dalam mengkontrol stok barang pada channel
penjualan tersebut. Jika Anda menggunakan beberapa channel penjualan seperti BukaLapak,
Tokopedia, atau Shoope. Anda sudah tidak perlu lagi mengatur atau menginput
stok barang Anda secara manual lagi. Cukup dengan menggunakan platform
omnichannel ini, Anda sudah dapat dengan mudah mengatur dan me-manage channel
penjualan Anda dengan mudah.
Tersedia
Fitur Chatbot pada Platform Omnichannel
Chatbot adalah sebuah program yang dibuat guna membantu admin
dalam menjawab pesan masuk dari konsumen secara otomatis, cepat dan tepat. Jadi
ketika admin atau customer service sedang tidak ditempat dan tidak bisa
menjawab pertanyaan dari konsumen, maka chatbot ini akan secara otomatis
menjawabnya dengan cepat. Selain itu, chatbot ini juga dapat digunakan untuk
membantu admin atau CS dalam menjawab pertanyaan yang sudah sering ditanyakan
oleh konsumen dengan capat.
Itulah beberapa manfaat yang akan didapatkan jika bisnis Anda
mulai beralih menggunakan platform omnichannel untuk meningkatkan pelayanan
kepada konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar