Kamis, 01 Oktober 2020

Omnichannel WhatsApp Bisnis

Marketing Saya - Agar bisnis kita mudah ditemukan oleh konsumen, perlu adanya usaha keras untuk menarik perhatian konsumen agar mengunjungi usaha kita. Saat ini, bisnis harus memiliki media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp Bisnis, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah untuk memudahkan konsumen dalam menemukan bisnis kita dan juga memudahkan kita dalam mencari konsumen baru.


whatsapp bisnis
whatsapp bisnis


Tapi, dengan banyaknya media sosial yang bisnis Anda miliki, tentunya Anda akan sangat kerepotan dalam me-manage nya bukan. Karena Anda harus me-manage akun media sosial dan juga komunitas atau halaman bisnis media sosial yang Anda miliki.

Anggap saja bisnis Anda menggunakan banyak sosial media, seperti LINE, Whatsapp Bisnis, Instagram, Facebook, dan website untuk memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan para konsumen bisnis Anda. Media sosial tersebut tentunya memiliki channel yang berbeda-beda, yang artinya admin atau customer service yang Anda miliki harus berganti-ganti channel sosial media ketika ingin menjawab pertanyaan dari konsumen bisnis Anda.

Jika chat yang masuk masih terbilang sedikit, tentunya hal itu bukanlah sebuah masalah yang besar. Tapi bagaimana jika chat yang masuk ada ratusan, bahkan ribuan. Pastinya akan lama sekali dalam membalas chat dari konsumen tersebut satu persatu atau malah tidak terbalaskan karena tertumpuk oleh chat yang baru.

Lalu, apakah ada cara untuk mengatasi masalah tersebut? Oh, tentu ada. Saat ini sudah ada teknologi yang dapat membungkus semua channel marketing tersebut menjadi satu. Nama teknologi tersebut adalah Omnichannel.

 

whatsapp bisnis
whatsapp bisnis

Omnichannel

Platform omnichannel ini dapat membantu Anda untuk menerima dan membalas chat cusomter dari berbagai media sosial seperti LINE, Whatsapp Business Blast, hingga Instagram. Hal tersebut dapat Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu platform saja. Karena semua aplikasi atau media sosial akan terintegrasi menjadi satu ke dalam platform omnichannel, sehingga Anda tidak perlu berpindah-pindah media atau platform ketika ingin menjadawab pertanyaan masuk dari konsumen.

Platform omnichannel ini dinilai bisa dan dapat menjaga kualitas pelayanan bisnis Anda, hampir disemua channel marketing. Yang artinya, pelayanan atau services yang dirasakan oleh konsumen di channel marketing A akan sama rasanya ketika konsumen tersebut menghubungi lewat channel marketing B.

Terkadang masih ada banyak kejadian di mana admin lupa mengecek media sosial bisnis miliknya karena merasa jarang ada chat yang masuk dari konsumen mereka di media sosial tersebut. Akibatnya mungkin ada beberapa chat penting dari konsumen yang tidak terbalas. Hal tersebut tentunya tidak akan terjadi jika Anda menggunakan platform omnichannel untuk bisnis Anda. Karena dengan menggunakan platform omnichannel ini, Anda dapat dengan mudah me-manage semua akun media sosial yang bisnis Anda miliki. Dengan begitu, jika ada pertanyaan yang masuk dari konsumen, Anda akan dengan mudah mengetahui dan dapat langsung menjawabnya.

 

Manfaat Lain Dari Platform Omnichannel

Sebenarnya, saat ini sudah ada layanan yang menyediakan fitur untuk mengirim dan menerima pesan dari banyak sosial media dengan mudah. Akan tetapi, aplikasi atau layanan tersebut hanya terbatas menerima dan mengirim pesan saja. Tidak ada kelebihan yang lain. Dibawah ini adalah kelebihan lain dari platform omnichannel:

Menyatukan Beberapa Channel Penjualan Menjadi Satu

Mengintegrasikan beberapa channel penjualan menjadi satu tentunya akan sangat memudahkan Anda dalam mengkontrol stok barang pada channel penjualan tersebut. Jika Anda menggunakan beberapa channel penjualan seperti BukaLapak, Tokopedia, atau Shoope. Anda sudah tidak perlu lagi mengatur atau menginput stok barang Anda secara manual lagi. Cukup dengan menggunakan platform omnichannel ini, Anda sudah dapat dengan mudah mengatur dan me-manage channel penjualan Anda dengan mudah.

 

Tersedia Fitur Chatbot pada Platform Omnichannel

Chatbot adalah sebuah program yang dibuat guna membantu admin dalam menjawab pesan masuk dari konsumen secara otomatis, cepat dan tepat. Jadi ketika admin atau customer service sedang tidak ditempat dan tidak bisa menjawab pertanyaan dari konsumen, maka chatbot ini akan secara otomatis menjawabnya dengan cepat. Selain itu, chatbot ini juga dapat digunakan untuk membantu admin atau CS dalam menjawab pertanyaan yang sudah sering ditanyakan oleh konsumen dengan capat.

 

Itulah beberapa manfaat yang akan didapatkan jika bisnis Anda mulai beralih menggunakan platform omnichannel untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WhatsApp Blast Untuk Customer Service | Jasa SEO Website

Jasa SEO Website  - Aplikasi WhatsApp bisnis blast saat ini mulai banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk keperluan  customer service . ...