Jumat, 02 Oktober 2020

Cara Membuat Akun Bisnis WA

Cara Membuat Akun Bisnis WA
whatsapp bisnis

WhatsApp Business merupakan sebuah aplikasi perpesanan instan yang dibuat dan didesain khusus untuk para pelaku usaha kecil atau UMK. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur unggulan yang dapat membantu para pebisnis dalam menjalankan usahanya, sehingga membuat aplikasi WhatsApp Business ini sangat berbeda dengan WhatsApp Messenger versi reguler.

Di aplikasi WhatsApp Business, para penggunanya dapat mencantumkan informasi mengenai bisnis mereka seperti alamat nama toko, deskripsi singkat mengenai bisnis yang ditawarkan, alamat e-mail, jam operasional, alamat perusahaan/tempat usaha, dan alamat website.


Cara Membuat Akun Bisnis WA
whatsapp bisnis


Whatsapp bisnis juga memungkinkan para penggunanya untuk bisa membalas pesan secara otomatis, menerima, menyaring, dan membalas pesan masuk dengna lebih cepat, mengirim promo lewat broadcast message atau menggunakan platform tambahan untuk memblast pesan WhatsApp seperti WhatsApp Bisnis Blast, dan lain sebagainya.

Untuk dapat saling berkomunikasi dengan para konsumen, Anda hanya harus menggunakan aplikasi WhatsApp Business. Sedangkan untuk konsumen, mereka dapat berkomunikasi atau menghubungi Anda lewat aplikasi WhatsApp Reguler saja.

Sangat menarik bukan? Lalu, bagaimana cara menggunakan aplikasi WhatsApp Bisnis ini?

 

Cara Membuat Akun Bisnis WA

Sebelum menggunakan aplikasi WhatsApp Business ini, Anda harus tau terlebih dahulu jika WhatsApp bisnis ini adalah aplikasi yang terpisah dari WhatsApp Messenger biasa.

Jadi, Anda perlu mengunduh aplikasi WhatsApp bisnis ini di PlayStore ataupun AppStore. 
Lalu, setelah Anda sudah selesai mengunduh dan menginstall aplikasi WhatsApp businessnya, langkah berikutnya adalah membuat akun bisnis WA. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Registrasi atau Daftar

Setelah Anda sudah selesai mengunduh dan menginstall aplikasi WhatsApp Business ini. Makan langkah berikutnya adalah Anda diharuskan memasukan nomor ponsel yang akan Anda gunakan sebagai akun WhatsApp bisnis milik Anda.

 

2. Memverifikasi Nomor Ponsel

Setelah Anda memasukan nomor ponsel Anda, langkah berikutnya adalah Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi nomor ponsel. Anda akan menerima sebuah pesan singkat melalui sms yang berisikan kode OTP untuk keperluan verifikasi akun WA bisnis yang harus Anda ketikkan ke dalam kolom yang tersedia.

 

3. Membuat dan Mengatur isi Profil Bisnis

Mengisi profil bisnis dimulai dengan mengisi nama yang akan Anda cantumkan sebagai nama brand/perusahaan Anda. Dalam mengisi nama profil bisnis ini Anda harus memikirkannya dengan baik dan secara matang-matang. Karena nama profil bisnis ini hanya dapat diisi satu kali saja dan tidak dapat diubah-ubah lagi. Selain itu, tambahkan juga foto berupa logo brand atau logo perusahaan Anda agar terlihat meyakinkan konsumen nantinya.

Tambahkan informasi penunjang tentang usaha Anda, seperti deskripsi usaha, alamat (lengkap dengan menunjukkan lokasi spesifik pada peta), jenis atau kategori bisnis yang dijalani, waktu operasional usaha, alamat surel, dan alamat situs (jika ada). Anda dapat mengubah informasi ini dengan masuk ke menu Settings, lalu klik Business Settings.

 

4. Pengaturan pesan otomatis

Salah satu fitur andalan dari aplikasi WhatsApp Business adalah fitur pesan-pesan yang dapat diatur secara otomatis. Pesan-pesan yang dapat diatur secara otomatis ini terdiri dari beberapa jenis pesan, yaitu pesan pembuka (greeting messages), pesan ketika Anda sedang sibuk atau tidak sedang memegang ponsel (away messages), dan pesan balas cepat (quick replies).

Ketiga fitur tersebut dapat Anda temukan didalam opsi Settings Business Settings.

Pesan pembuka atau greeting messages akan langsung dikirimkan saat Anda dan konsumen Anda berinteraksi untuk pertama kalinya. Selain itu, pesan greeting messages ini juga akan dikirimkan jika Anda berinteraksi kembali dengan konsumen yang sudah tidak aktif lagi selama 14 hari.

Anda dapat mengetikan sendiri isi pesan greeting messages sesuai dengan apa yang Anda inginkan lalu Anda bisa menekan tombol Save di pojok kanan atas untuk menyimpan greeting messages yang sudah Anda buat.

Greeting messages ini tidak akan terkirim jika Anda belum mengatur kapan waktu pengirimannya. Anda sendiri dapat mengatur penjadwalan pengiriman pesan.

Quick Reply seperti sebuah shortcut untuk membantu Anda dalam membalas atau menjawab pertanyaan yang masuk dari konsumen Anda dengan cepat. Quick Reply dibuat dengan menambahkan kata kunci atau keyword untuk meng-trigger pesan yang Anda buat. Jadi dengan menggunakan fitur quick reply ini, Anda tidak harus mengetikan pesan panjang-panjang. Anda hanya harus mengetikan kata kunci saja, lalu pesan tersebut akan muncul.

 

5. Keamanan Akun

WhatsApp Business tentunya memiliki fitur untuk mengamankan akun. Caranya dengan mengakses opsi Security di menu pengaturan. Lalu pilihlah two-step verification, Anda akan diminta untuk memasukan 6 digit nomor PIN saat atau ketika Anda mau membuka aplikasi WhatsApp bisnis milik Anda.

Fitur ini sangat mudah untuk digunakan dalam mengamankan akun whatsapp bisnis Anda dari tangan-tangan jahil yang suka membuka dan melihat isi pesan whatsapp Anda. Fitur verifikasi dua langkah ini juga dapat Anda matikan dari menu pengaturan sekuritas jika sudah tidak diperlukan lagi.

 

Kurang lebih itulah artikel tentang cara membuat akun bisnis WA yang dapat diikuti oleh sobat calon pengusaha sukses dimasa depan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WhatsApp Blast Untuk Customer Service | Jasa SEO Website

Jasa SEO Website  - Aplikasi WhatsApp bisnis blast saat ini mulai banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk keperluan  customer service . ...