Rabu, 22 Juli 2020

Cara Mengetahui Akun WhatsApp Bisnis Diretas

Beberapa waktu yang lalu sempat viral di media sosial tentang pesan WhatsApp bisnis dibajak. Pesan tersebut berisi informasi tentang pembajakan WhatsApp dan cara mengatasinya. Kurang lebih seperti inilah isi pesan tersebut.

Whatsapp bisnis

"Bapak/Ibu, kalau di hp Bapak/Ibu tiba2 muncul pesan seperti di atas, tolong JANGAN di OKE ya, tapi klik di verifikasi. Itu tanda hp Bapak/Ibu akan dibajak wa nya. Kalau sudah dibajak bisa dipakai untuk pinjam uang dll atas nama Bapak/Ibu. Mohon berhati-hati. Terima kasih,".

Isi pesan tersebut dapat dipastikan bohong atau HOAX. Keamanan dari Vaksincom Siber Alfons Tanujaya mengatakan pesan verifikasi hanya muncul jika pindah nomor atau WhatsApp kita diambil alih jika kita setujui SMS-nya.

"Jadi tanpa kita menyetujui SMS perpindahan akun, rasanya pesan ini tidak akan muncul. Jadi bila Anda tidak pindah nomor tetapi mendapatkan pesan itu, seharusnya SMS ini tidak muncul," ujarnya seperti dikutip, Senin (11/5/2020).

Alfons mengatakan pesan SMS meminta verifikasi tersebut menandakan kalau WhatsApp kita sudah dibajak. Jadi ketika dibajak ponsel akan dikirimkan SMS enam digit nomor atau perintah untuk mengklik tautan tanda setuju untuk pindah ponsel lain.

Mengetahui WhatsApp Dibajak

Whatsapp bisnis

1. Keluar dari akun WhatsApp dengan sendirinya

Satu akun WhatsApp tidak dapat digunakan pada dua atau lebih ponsel diwaktu yang bersamaan. Jadi ketika nomor WhatsApp Anda digunakan diperangkat lain akan muncul sebuah kode OTP ke nomor ponsel yang terdaftar. Jika Anda tiba-tiba menerima kode OTP tersebut dan keluar dari aplikasi WhatsApp dengan sendirinya ada kemungkinan nomor Anda telah di kloning dan WhatsApp Anda diretas atau dibajak.

2. Pesan telah terbaca 

Jika Anda merasa belum membaca pesan yang baru masuk tetapi dipesan itu sudah ada centang biru yang menandakan pesan tersebut sudah dibaca, maka kemungkinan akun WhatsApp Anda telah dikloning. Tanda ini dapat dinonaktifkan di bagian pengaturan. Jika tanda ini tidak diaktifkan, maka pengguna WhatsApp tidak akan bisa melihat apakah pesan sudah terbaca atau belum. 

Baca Juga: WhatsApp Business iOS

3. Mengirim pesan yang tidak dikirim pengguna

Hal ini dapat langsung dikenali, jika Anda merasa tidak mengirimkan pesan kepada kontak lain maka sudah dapat dipastikan kalau WhatsApp Anda dibajak atau diretas.

4. Online padahal non-aktif

Jika akun Anda tampak online pada aplikasi WhatsApp orang lain, tapi Anda tidak sedang membuka WhatsApp di ponsel ataupun WhatsApp web. Ini bisa menjadi indikasi kalau akun WhatsApp Anda telah diretas.

5. Log perangkat yang tidak dikenal

Anda dapat melihat log perangkat yang pernah login menggunakan akun Whatsapp Anda. Jika ada perangkat yang tidak dikenali atau bukan milik Anda, segeralah log-out dari perangkat tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WhatsApp Blast Untuk Customer Service | Jasa SEO Website

Jasa SEO Website  - Aplikasi WhatsApp bisnis blast saat ini mulai banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk keperluan  customer service . ...