Jumat, 24 Juli 2020

Cara Menghindari Email Phising

Marketing Saya - Serangan phising atau jerat dunia maya belakangan ini sering kali menyerang para pengguna social media dan juga internet. Satu-satunya cara untuk mengatasi dan juga menghindari serangan phising yang memanfaatkan celah kelemahan sosial media pengguna adalah dengan melakukan sikap hati-hati ketika berselancar di internet.

Cara Menghindari Email Phising

Dalam serangan phising tersebut, para pelaku berusaha mengambil alih akun media sosial korban dengan cara mengirimkan sebuah link situs website palsu yang tampilannya benar-benar mirip dengan media sosial yang ada. Jika pengguna sosial media tidak teliti dalam membedakan website palsu dan asli, mereka akan terjeban dan secara sukarela memasukkan username dan password sosial media milik mereka, dan otomatis informasi tersebut akan diketahui oleh pelaku dan akan dimanfaatkan untuk kepentingan pelaku yang tentu saja pasti akan merugikan si pemilik akun media sosial tersebut.

Baca Juga: Cara Mengetahui Akun WhatsApp Bisnis Diretas

Perusahaan antivirus Kaspersky lab memperkirakan distribusi kode jahat melalui situs media sosial ini 10 kali jauh lebih efektif dibandingkan dengan penyebaran melalui email. Karena, para pengguna internet cenderung lebih tertarik untuk mengklik sebuah link yang diterima atau didapat dari temannya, dibandingkan link yang didapat dari pesan acak yang pengirimnya tidak dikenal.

Lalu, bagaimana cara kita terhindar dari serangan phising ini, baik itu dari social media ataupun dari email?

Tips Menghidari Email Phising

email blast

  1. Untuk situs sosial media, buatlah sebuah bookmark untuk halaman login atau mengetik URL media sosial tersebut secara langsung pada browser address bar.
  2. Jangan langsung mengklik link pada pesan email, baca terlebih dahulu dengan teliti link tersebut. Jangan langsung di klik walaupun teman atau keluarga Anda yang mengirimkannya.
  3. Jangan pernah mengisi identitas rahasia di website yang tidak aman dan mencurigakan.
  4. Cek secara berkala, semua akun sosial media Anda dan juga akun bank Anda untuk menghindari serangan phising. Jika terjadi keanehan pada akun sosial media atau bank Anda, segera laporkan ke support atau pihak bank dan langsung ganti password akun media sosial Anda.
  5. Kenali ciri giveaway pada email phising:
    • Email tersebut ditujukan secara personal kepada Anda.
    • Email tersebut, hanya diterima oleh Anda saja.
    • Terdapat ejaan yang salah atau typo, tata bahasa atau kalimat yang buruk dalam penggunaan bahasa. Hal ini biasa dilakukan oleh pelaku penyebar email phising untuk mengelabuhi filter email.
  6. Menginstall dan selalu update software antifirus dan firewall.
  7. Selalu berhati-hati terhadapat segala email yang masuk, apa lagi jika email tersebut ada sebuah link.
  8. Berhati hati ketika login di sosial media, selalu perhatikan url website sebelum melakukan login.
  9. Backup data penting Anda secara berkala, untuk menghindari data-data penting hilang atau rusak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WhatsApp Blast Untuk Customer Service | Jasa SEO Website

Jasa SEO Website  - Aplikasi WhatsApp bisnis blast saat ini mulai banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk keperluan  customer service . ...