Selasa, 29 September 2020

Tips Mendesign Email Marketing

Marketing Saya - Menulis email marketing untuk menarik minat konsumen merupakan tugas krusial bagi seorang digital marketer. Seringkali email yang dibuat dan dikirimkan oleh digital marketer itu tidak dibaca atau bahkan langsung dihapus atau ditandai sebagai spam oleh si penerima email. Hal itu dapat terjadi bisa karena berbagai macam faktor, salah satunya adalah kerena design email marketing yang kurang menarik.

Desain email marketing juga merupakan salah satu aspek dan juga faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan suatu campaign email blast marketing. Dengan membuat desain email marketing yang menarik, tentunya akan meningkatkan peluang email Anda dibuka dan dibaca oleh penerima.

Lalu apa saja, aspek yang harus kita perhatikan dalam mendesign email blast marketing agar terlihat menarik.

Aspek Penting Dalam Mendesign Email Marketing

 

Email blast
Email blast

1. Konsistensi Logo dan Peletakannya

Dalam membuat design email marketing, Anda diharuskan untuk tetap menggunakan logo brand yang sama untuk menciptakan konsistensi design. Lalu, usahakan logo tersebut diletakan ditempat yang mudah terlihat seperti pada bagian atas email, sebelum masuk ke body atau isi email.

 

Email blast
Email blast

2. Sediakan Preview atau Pratinjau Email

Sebisa mungkin, sediakan fitur preview atau pratijau email agar penerima email dapat melihat sedikit bagian email, sebelum mereka membaca keseluruhan emailnya. 

 

Email blast
Email blast

3. Batasi Jenis Font yang Digunakan

Design email marketing yang baik hanya menggunakan 2 jenis font saja. Yaitu font untuk bagian header dan font untuk bagian body/isi email marketing Anda. Agar memudahkan penerima email untuk membaca email Anda, Anda dapat menggunakan font jenis Sans-serif atau Times new Roman. Kecuali, jiak Anda memilik jenis font sendiri, tapi jangan menggunakan lebih dari 2 jenis font ya.

 

Email blast
Email blast

4. Gunakan Gambar atau Foto

Perlu diingat, bukan hanya Anda saja yang mengirimkan atau menggunakan email blast ini sebagai bagian dari strategi marketing bisnis. Ada ratusan bahkan ribuat pebisnis yang juga menggunakan email blast ini untuk kebutuhan marketing mereka. Yang artinya, tidak hanya satu email saja yang masuk kedalam inbox penerima email, tapi mungkin ada puluhan bahkan ratusan.

Untuk itulah, Anda dapat menggunakan gambar atau foto yang dapat membantu Anda meningkatkan kualitas email marketing dan juga mendukung isi konten yang Anda kirimkan kepada mereka. Dan jangan lupa juga untuk menambahkan alternate text karena sebagian orang atau platform penyedia layanan email, memiliki fitur untuk mematikan gambar untuk mengirit penggunaan data seluler.


Email blast
Email blast


5. Sediakan White Space Untuk Mata

Meskipun tempat atau space untuk mendesign didalam email sangat sedikit atau sempit, tapi bukan berarti kita haru mendesignnya secara asal-asalan bukan. Perlu diperhatikan tentang tata letak atau layout agar email mudah terbaca dengan baik oleh penerima email. Lalu jangan lupa sediakan White Space atau ruang putih kosong untuk mengistirahatkan mata.

White Space berarti, space kosong yang cukup besar yang tidak diisi design apapun guna mengistirahatkan mata pembaca.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WhatsApp Blast Untuk Customer Service | Jasa SEO Website

Jasa SEO Website  - Aplikasi WhatsApp bisnis blast saat ini mulai banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk keperluan  customer service . ...