Marketing Saya - Menulis email marketing untuk menarik minat konsumen merupakan tugas krusial bagi seorang digital marketer. Seringkali email yang dibuat dan dikirimkan oleh digital marketer itu tidak dibaca atau bahkan langsung dihapus atau ditandai sebagai spam oleh si penerima email. Hal itu dapat terjadi bisa karena berbagai macam faktor, salah satunya adalah kerena design email marketing yang kurang menarik.
Desain email marketing juga merupakan salah satu aspek dan
juga faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan suatu campaign email blast marketing. Dengan membuat desain email marketing yang menarik,
tentunya akan meningkatkan peluang email Anda dibuka dan dibaca oleh penerima.
Lalu apa saja, aspek yang harus kita perhatikan dalam
mendesign email blast marketing agar terlihat menarik.
Aspek Penting Dalam Mendesign Email Marketing
1. Konsistensi
Logo dan Peletakannya
Dalam membuat design email marketing, Anda diharuskan untuk tetap
menggunakan logo brand yang sama untuk menciptakan konsistensi design. Lalu,
usahakan logo tersebut diletakan ditempat yang mudah terlihat seperti pada
bagian atas email, sebelum masuk ke body atau isi email.
2. Sediakan
Preview atau Pratinjau Email
Sebisa mungkin, sediakan fitur preview atau pratijau email
agar penerima email dapat melihat sedikit bagian email, sebelum mereka membaca
keseluruhan emailnya.
3. Batasi
Jenis Font yang Digunakan
Design email marketing yang baik hanya menggunakan 2 jenis
font saja. Yaitu font untuk bagian header dan font untuk bagian body/isi email
marketing Anda. Agar memudahkan penerima email untuk membaca email Anda, Anda
dapat menggunakan font jenis Sans-serif atau Times new Roman. Kecuali, jiak
Anda memilik jenis font sendiri, tapi jangan menggunakan lebih dari 2 jenis
font ya.
4. Gunakan
Gambar atau Foto
Perlu diingat, bukan hanya Anda saja yang mengirimkan atau
menggunakan email blast ini sebagai bagian dari strategi marketing bisnis. Ada
ratusan bahkan ribuat pebisnis yang juga menggunakan email blast ini untuk
kebutuhan marketing mereka. Yang artinya, tidak hanya satu email saja yang
masuk kedalam inbox penerima email, tapi mungkin ada puluhan bahkan ratusan.
Untuk itulah, Anda dapat menggunakan gambar atau foto yang
dapat membantu Anda meningkatkan kualitas email marketing dan juga mendukung
isi konten yang Anda kirimkan kepada mereka. Dan jangan lupa juga untuk
menambahkan alternate text karena sebagian orang atau platform penyedia layanan
email, memiliki fitur untuk mematikan gambar untuk mengirit penggunaan data
seluler.
5. Sediakan
White Space Untuk Mata
Meskipun tempat atau space untuk mendesign didalam email
sangat sedikit atau sempit, tapi bukan berarti kita haru mendesignnya secara
asal-asalan bukan. Perlu diperhatikan tentang tata letak atau layout agar email
mudah terbaca dengan baik oleh penerima email. Lalu jangan lupa sediakan White
Space atau ruang putih kosong untuk mengistirahatkan mata.
White Space berarti, space kosong yang cukup besar yang
tidak diisi design apapun guna mengistirahatkan mata pembaca.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar