Jumat, 25 September 2020

Mencari Customer Di Marketplace

Marketing Saya - Saat pertama kali berjualan, hal yang penting untuk dilakukan adalah memasarkan produk atau jasa yang dijual dan menarik konsumen baru. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan produk atau jasa kalian ke konsumen dan membuat mereka tertarik untuk membeli atau menggunakan produk/jasa yang kalian jual kepada mereka.

 

WhatsApp Bisnis-jpg
WhatsApp Bisnis


Salah satu platform yang saat ini banyak digunakan untuk berjualan adalah marketplace. Marketplace ini memberikan kalian kemudahan dalam membuat toko online kalian sendiri. Saat ini sudah ada banyak sekali penyedia layanan marketplace di Indonesia. 

Untuk menjangkau konsumen agar mau mengujungi dan melakukan transaksi didalam toko online milik kalian sendiri merupakan suatu tantangan yang cukup sulit. Hal ini dikarenakan saat ini sudah ada banyak sekali marketplace di Indonesia, yang artinya kompetitor kalian akan sangat banyak sekali. 

Tapi kalian jangan khawatir, terdapat beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menjangkau target konsumen yang kalian incar dengan mudah. 

Tips Mencari Konsumen Di Marketplace


WhatsApp Bisnis
WhatsApp Bisnis


Pelajari Marketplace

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah mulai dari mempelajari demografi pengguna hingga kategori produk yang dapat dijual di dalam marketplace tersebut. 

Dengan mengetahui marketplace tempat kalian berbisnis, serta demografik konsumen yang kalian incar. Kalian dapat menyusun strategi untuk memasarkan produk-produk kalian dengan efektif. Selain itu, jangan lupa untuk mempelajari algoritma yang diterapkan didalam marketplace tersebut agar produk kalian bisa tampil dihalaman teratas. 


Gunakan Nama Brand Yang Menjual

Selain mempelajari tentang marketplace, kalian juga harus bisa membuat nama brand kalian yang unik dan juga mudah diingat oleh orang-orang. Nama brand yang sulit diingat, cenderung lebih cepat dilupakan oleh konsumen.


Foto Produk yang Menarik

Foto produk merupakan hal terpenting yang harus ada. Foto produk sangat berguna untuk meyakinkan konsumen yang ragu-ragu dalam melakukan transaksi pembelian pada toko online milik kalian. kalian dapat mempelajari cara mengambil foto produk yang baik untuk kalian pajang pada etalase toko online milik kalian. Tidak lupa juga gunakan WhatsApp bisnis untuk mempermudah komunikasi dan membantu kalian dalam menjawab setiap pertanyaan yang masuk dari para konsumen kalian. 


Gunakan Ads

Kalian dapat menggunakan layanan iklan untuk membantu kalian dalam menyebarkan dan meningkatkan brand awaress pada bisnis kalian. 

Terdapat banyak sekali platform atau penyedia iklan-iklan online ini. Kalian tidak perlu menggunakan semua platform tersebut, kalian hanya cukup piliih saja yang sesuai dengan kebutuhan  bisnis kalian.


Manfaatkan Media Sosial

Jika kalian tidak tertari menggunakan marketplace untuk berjualan. Kalian dapat memanfaatkan media sosial untuk keperluan berjualan maupun promosi produk. Saat ini sudah ada banyak sekali orang yang menggunakan media sosial untuk berjualan, kalian dapat memanfaatkan beberapa media populer berikut ini untuk digunakan sebagai alat bantu untuk berjualan seperti Facebook, Instagram,. Twitter dan lain lain. 

Buatlah profil bisnis pada akun media sosial kalian, jika kalian memiliki website pribadi untuk bisnis. Kalian bisa menambahkan link website pribadi kalian pada profil media sosial milik kalian.


Berikan Promo

Konsumen lebih tertarik dengan barang yang sedang didiskon atau promosi pada produk yang mereka incar. Untuk menarik hati calon konsumen, kalian dapat memberikan promosi pada produk kalian seperti potongan harga, cashbackbuy 1 get 1, gratis ongkir, dan promo-promo lainnya. 


Berikan dan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Hal ini sangat penting untuk dilakukan pada semua jenis bisnis, baik yang baru mulai maupun yang sudah lama berjalan. Memberikan pelayanan terbaik dan terus meningkatkan pelayanan, akan membuat konsumen kalian menjadi loyal terhadap bisnis kalian.

Kalian bisa memulainya dengan respons chat dan pertanyaan dari konsumen yang kalian jawab dengan ramah dan sopan. Membalas chat atau pertanyaan mereka dengan pertanyaan yang mereka butuhkan. 

Memproses pesanan konsumen kalian dengan tepat waktu. Memberikan update informasi yang rutin kepada konsumen kalian. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WhatsApp Blast Untuk Customer Service | Jasa SEO Website

Jasa SEO Website  - Aplikasi WhatsApp bisnis blast saat ini mulai banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk keperluan  customer service . ...