Marketing Saya - Mengirimkan email blast marketing adalah salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh tim marketing didalam perusahaan. Memang, saat ini sudah ada banyak sekali tools atau platform yang menyediakan layanan pengiriman email blast marketing dengan cepat dan mudah. Tapi, yang jadi masalahnya adalah apakah email yang Anda kirim tersebut akan langsung dibaca oleh si penerima email?
Anda pasti tidak akan bisa memprediksi dengan pasti seberapa
besar kemungkinan email Anda akan dibuka oleh penerima email. Bahkan, bisa saja
email yang Anda kirimkan tidak dibaca atau dibuka karena berbagai alasan. Contohnya,
kontennya kurang menarik, terlalu sering mengirimkan email blast marketing
sehingga dianggap sebagai spam, email tidak aktif, notifikasi email dimatikan,
dan masih banyak lagi yang lainnya.
Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dan juga membuat
strategi agar email blast marketing yang Anda kirim bisa tepat sasaran dan
dibuka serta dibaca oleh si penerima email tersebut.
Ada beberapa trik yang dapat Anda lakukan dalam mengirim
email marketing agar email Anda memiliki kesempatan dibuka dan dibaca sampai
habis oleh penerima email.
Trik Agar Email Blast Dibuka dan Dibaca
1. Melakukan
Riset Calon Penerima Email
Dalam mengirim email blast marketing, Anda memerlukan riset calon penerima
email marketing dari Anda. Riset ini diperlukan untuk menyaring lagi, mana
konsumen atau calon konsumen yang potensial untuk dikirimi email marketing atau
penawaran. Akan tetapi, pada kenyataanya melakukan riset calon penerima email
ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tapi hal itu akan sebanding dengan
apa yang akan Anda dapatkan nantinya. Dimana nantinya, hasil riset ini akan
dijadikan data atau bahan dalam membuat strategi email marketing yang lebih
efektif untuk meningkatkan keberhasilan campaign email marketing bisnis
Anda.
2. Gunakan
Template Yang Responsif, Friendly, Dan Menarik
Tidak sedikit juga orang-orang yang lupa dan tidak memperhatikan design email
mereka, pada saat mengirimkan email blast marketing kepada konsumen mereka . Masih
banyak juga perusahaan yang mengirimkan gambar atau file yang memiliki ukuran
yang cukup besar, sehingga akan lama jika dibuka saat koneksi internet sedang
buruk.
Kondisi seperti ini tentunya akan membuat penerima email
menjadi malas membuka email dari Anda. Untuk itulah, silahkan pastikan jika
template atau design yang Anda gunakan ringan dan dapat dibuka dari perangkat
mana saja.
3.
Perhatikan Isi Email Yang Ditulis
Masih banyak juga perusahaan atau pebisnsi yang masih kurang memperhatikan isi
email blast marketing yang mereka buat. Anda dapat membuat email yang sederhana
tapi mampu menjelaskan maksud Anda dalam mengirim email tersebut. Jaga interaksi
dengan konsumen Anda, jangan hanya memikirkan tentang penjualan saja, tetapi
komunikatif lah dengan konsumen Anda, buatlah hubungan yang baik dengan para
konsumen Anda untuk menciptakan rasa loyal dan kepercayaan terhadap bisnis Anda.
4. Jangan
Lupa Menambahkan “Call to Action”
Sebuah email blast marketing pastinya memiliki tujuan akhir, entah itu untuk
melakukan pembelian, registrasi, ataupun mengujungi konten tertentu didalam
website. Oleh karena itu, jangan lupa menambahkan CTA untuk menarik
perhatian penerima email Anda.
CTA ini dapat berbagai macam jenisnya, ada yang berbentuk
sebuah link dengan bertuliskan kalimat ajakan atau persuasif ataupun sebuah
tombol yang saat ini banyak digunakan dalam membuat CTA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar