Marketing Saya - Berikut ini adalah beberapa jenis email blast marketing yang umum digunakan dan perlu Anda mengetahui pengertiannya serta kapan harus digunakannya, agar bisa meningkatkan kesuksesan strategi email marketing yang Anda lakukan.
Jenis-Jenis Email Marketing
1. Email Newsletter
Mengirim sebuah email marketing kepada pelanggan adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk atau jasa yang kita miliki. Salah satu bentuk email blast marketing yang biasa digunakan adalah newsletter. Namun sebelum Anda menggunakan newsletter untuk email blast marketing Anda, Anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan Anda mengirim email tersebut.
Karena sesungguhnya didalam email jenis ini ada 3 keunggulan yang perlu kita ketahui, yaitu pertama, dengan isi yang informatif akan membuat email Anda dinilai positif oleh pelanggan Anda. Yang kedua, Anda bisa membuat orang mengunjungi website atau blog toko online Anda dari link yang tertera pada newsletter yang Anda buat.
Dan yang ketiga, dengan newsletter, Anda bisa memberikan infomrasi
terbaru mengenai bisnis yang Anda miliki, seperti diskon, promo, survei dan
sebagainya. Namun dibalik kelebihan yang ditawarkan oleh sebuah email
newsletter, email jenis ini jauh lebih rumit dalam pembuatan desain emailnya
agar sesuai dengan tujuan Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir, saat ini sudah
banyak yang menyediakan berbagai macam template newsletter yang siap untuk Anda
gunakan.
2. Digest Email
Digest Email merupakan email marketing yang otomatis akan
dihasilkan oleh mailing list elektronik. Dengan email ini kita juga bisa
menentukan periode email tersebut digunakan, misalnya hari, minggu, bulan, dan
lain sebagainya. Atau email ini bisa juga membatasi penerima, misalnya 10 atau
100 dalam satu kali pengiriman pesan tunggal.
Toko online yang Anda miliki tentu saja memiliki banyak data
produk dan juga artikel yang berkaitan dengan produk Anda. Email jenis ini
sangat cocok Anda gunakan untuk sebuah pertunjukan atau kontes. Dengan email
ini juga, Anda dapat menerima dan mengikuti segala kontes yang ada. Anda juga dapat
menggunakannya ketika toko online Anda sedang mengadakan sebuah kontes. Karena,
ketika Anda sedang bergabung di salah satu kontes yang diselenggarakan, setiap
minggu kontes tersebut akan secara berkala mengirimkan email tentang kontes
yang sedang berjalan. Begitu juga dengan kontes yang Anda buat, email tersebut
akan secara berkala mengirimkan email yang berisi informasi kontes kepada semua
pelanggan Anda yang mengikuti kontes tersebut.
3. Email Khusus
Jenis email marketing memang bermacam – macam, salah satunya
yaitu email yang Anda buat sendiri. Maksudnya adalah email ini berdiri sendiri
dan hanya mengandung satu informasi tertentu, dan biasanya menggunakan alamat
email yang berbeda. Anda bisa mengirim sebuah email marketing dengan
menggunakan alamat email pribadi Anda sendiri. Salah satu isi yang biasanya ada
didalam email ini adalah undangan untuk bergabung di suatu grup, komunitas atau
lain sebagainya. Keunggulan email jenis ini, yang pertama adalah Anda bisa
mengirimkan email lebih banyak dari email marketing yang biasanya Anda gunakan.
Yang kedua, Anda bisa dengan mudah mengukur hasil dari email marketing yang
Anda buat. Dan kelemahan yang akan ditemui adalah tidak ada jadwal yang teratur
dan juga perbedaan alamat email membuat orang enggak untuk membukan email
tersebut.
4. Email Follow-up
Email ini merupakan serangkaian email yang dikirimkan ke
pelanggan dengan konten yang informatif. Email jenis ini memiliki manfaat untuk
menjaga agar pelanggan email Anda setia. Keunggulan email jenis ini, sangat
dinantikan oleh pelanggan Anda karena didalamnya terdapat informasi yang
pelanggan Anda butuhkan. kelemahan bila tidak di segmentasi bisa membuat
pelanggan Anda lari.
5. Email Sponsorship
Email sponsorship bisa Anda coba ketika Anda ingin mulai
menjangkau masyarakat luas yang sama sekali baru dan Anda ingin mendapatkan
calon pelanggan baru. untuk menggunakan email sponsorship, Anda perlu membayar
agar email Anda bisa dimasukan kedalam salinan dalam newsletter vendor lain.
Anda bisa memilih untuk mengikuti vendor mana yang bisa dipastikan memiliki
banyak pelanggan yang potensial dan sangat berpengaruh pada bisnis Anda
nantinya. Dengan email ini Anda bisa lebih spesifik menentukan segmen yang
ingin Anda jangkau. Dan kelemahannya adalah Anda harus membayar ketika Anda
memilih email ini untuk email marketing Anda.
6. Email Traksaksional
Email jenis ini merupakan sebuah pesan yang muncul karena
dipicu oleh suatu tindakan tertentu yang telah diambil, yang memungkinkan
mereka menyelesaikan tindakan itu, contohnya yaitu sebuah transaksi. Ketika
Anda mencoba untuk melakukan transaksi pada sebuah toko online, Anda akan
menerima sebuah email yang berisi rincian belanja Anda, pemberitahuan harga,
pemberitahuan data login Anda sebagai member, dan lain sebagainya. Salah satu
keuntungannya yaitu dapat meningkatkan jumlah pageview.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar