Jumat, 04 Desember 2020

Penyebab Bisnis Online Gagal

Email Blast Gratis - Saat ini bisnis online sudah mulai banyak berkembang dan digeluti oleh masyarakat. Setiap tahunnya pasti terdapat banyak sekali pebisnis yang baru bergabung atau terjun kedunia bisnis online dan setiap tahunnya juga banyak pebisnis yang gagal mempertahankan bisnis onlinennya. Salah satu alasan utama mengapa banyak pebisnis online yang tumbang setiap tahunnya adalah karena ketidaksiapan pebisnis dalam menjalankan bisnis onlinenya serta kurangnya persiapan dalam menghadapi kompetisi eCommerce yang semakin ketat tiap harinya.

Bisnis Online
Penyebab Bisnis Online Anda Gagal


Penyebab Bisnis Online Anda Cepat Gagal

Agar bisnis online yang Anda jalani tetap bertahan dan ramai konsumennya, silahkan Anda simak hal-hal yang mempengaruhi kesuksesan dan keberlangsungan bisnis online Anda dibawah ini.

Tidak Fokus Terhadap Satu Produk

Salah satu penyebab bisnis online sering gagal atau tumbang adalah tidak fokusnya pemilik bisnis dalam menawarkan produk yang sejenis dan relevan. Bisnis itu bukan hanya menjual produk apa yang Anda punya, tetapi juga menjual manfaat dari produk tersebut. Bisnis Anda akan sangat sulit berkembang jika menjual atau menawarkan banyak produk kepada konsumen.

Memang boleh dan tidak ada yang melarang Anda untuk menjual berbagai macam jenis produk kepada konsumen Anda, tapi lebih baik Anda fokuskan diri terlebih dahulu untuk menjual satu jenis produk, tapi terus berinovasi dan berkreasi untuk meningkatkan kualitas dari produk yang Anda jual.

 

Toko Online yang Tidak Menarik dan Sulit Ditemukan

Website toko online yang tampilannya tidak menarik dan navigasi yang sulit, tentunya akan langsung ditinggalkan visitor kruang dari 20 detik saja. Selain itu, konsumen juga sangat memperhatikan faktor-faktor lain seperti foto produk, metode pembayaran, kualitas layanan, hingga keamanan saat menggunakan website maupun saat melakukan transaksi.

Anda dapat melihat website eCommerce besar seperti TokoPedia, BukaLapak ataupun eCommerce pribadi yang lainnya. Anda dapat mempelajari cara kerja dari website tersebut, mulai dari tampilan/design website, keamanan, tingkat responsibilitas, kualitas layanan, dan lain sebagainya yang dapat Anda pelajari dan terapkan ke dalam website toko online milik Anda sendiri.

Pelajari lah cara membuat konsumen atau visitor website Anda merasa nyaman dan betah berlama-lama didalam website milik Anda. Selain itu, pelajari tentang SEO agar website Anda dapat dengan mudah ditemukan di search engine dan memiliki tingkat visibilitas yang tinggi agar dapat tampil dan muncul dihalaman pertama search engine.

 

Tidak Punya Keunikan

Toko online atau bisnis online Anda akan sangat sulit untuk bersaing jika tidak memiliki keunikan tersendiri. Website atau toko online yang biasa-biasa saja akan langsung dengan mudah tersingkir oleh website/toko online yang mimiliki keunikan didalam websitennya.

Meskipun bisnis Anda menjual barang-barang yang umum atau banyak dijual oleh orang lain, maka Anda harus bisa memikirkan bagaimana caranya agar barang yang Anda jual dapat tampil beda dan toko Anda dicari-cari oleh orang lain.

Temukan ide atau inovasi yang unik untuk menciptakan lingkungan pasar Anda sendiri, dan jangan lupa untuk tetap memperhatikan kualitas produk yang Anda jual.

 

Manajemen Keuangan Yang Buruk

Manajeman keuangan merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberlangsungan suatu bisnis, baik itu bisnis online maupun bisnsi offline. Jika keungan bisnis tidak dikelola dengan baik, maka bukan tidak mungkin bisnis Anda akan cepat bangkrut atau gagal.

Solusi yang tepat untuk mengatasi hal ini adalah dengan memperbaiki manajeman pengelolaan keuangan agar bisnis Anda tidak terjerumus dalam jurang kegagalan. Saat ini sudah ada banyak sekali platform yang dapat membantu Anda untuk mengelola manajeman keungan bisnis Anda dengan baik. Anda dapat mencoba platform-plaform tersebut lalu menerapkannya kedalam bisnis Anda.

 

Traffic yang Kurang

Ini adalah hal yang paling sering kali terjadi, kurangnya visitor atau traffic ke website toko online milik Anda berarti tingkat konversi akan semakin kecil. Meskipun Anda menjual produk atau menawarkan produk yang berkualitas sekalipun jika tidak diimbangi dengan traffic yang baik ke dalam website Anda, maka rasanya akan sangat percuma sekali. Tidak ada traffic atau kurangnya traffic maka kemungkinan untuk terjadinya konversi atau penjualan akan semakin kecil bahkan tidak ada.

Untuk mendorong dan mempush traffic kedalam website Anda, maka Anda dapat mencoba mengiklankan toko online milik Anda atau menggunakan bantuan platform omnichannel seperti email blast gratis dan whatsapp bisnis guna meningkatkan brand awareness toko online milik Anda. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan penggunaan ikan berbayar seperti FB ads, IG ads dan Google Ads untuk meningkatkan traffic website Anda dengan cepat.

 

Itulah beberapa hal-hal yang sering terjadi dan mengakibatkan bisnis online cepat tumbang. Agar bisnis online Anda tidak cepat tumbang, maka Anda dapat menggunakan bantuan teknologi omnichannel seperti Email blast gratis, Whatsapp bisnis untuk meningkatkan brand awareness diikuti dengan strategi-strategi yang matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WhatsApp Blast Untuk Customer Service | Jasa SEO Website

Jasa SEO Website  - Aplikasi WhatsApp bisnis blast saat ini mulai banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk keperluan  customer service . ...