Rabu, 12 Agustus 2020

12 Tips Promosi Di WhatsApp

Marketing Saya - Setelah kita memahami fitur dari aplikasi WhatsApp bisnis, kini tiba saatnya sekarang Anda mempelajari tentang bagaimana menggunakan aplikasi WhatsApp untuk mempromosikan bisnis milik Anda.

whatsapp bisnis
whatsapp bisnis

Promosi Menggunakan WhatsApp Business

  1. Dengan melakukan penyesuaian terhadap predefined messages: Away Message dan Greeting Message.
  2. Persiapkan naskah yang berkaitan dengan pemasaran untuk menangani pelanggan (Sales Script), hal ini berguna untuk mempermudah serta mempercepat komunikasi dengan pelanggan. Sebagai contoh, untuk jawaban atas sertiap pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan maka bisa disimpan jawabannya pada clipboard.
  3. Buat pesan dengan formating yang menarik, contohnya seperti: cetak tebal, miring, penggunaan emoji yang menarik serta styling text.
  4. Pahami tentang teknik cara membuat link order yang bisa mengarah pada nomor WA tertentu.
  5. Database, proses mengumpulkan data calon pelanggan dan menyimpannya di dalam database. Anda bisa mendapatkan target konsumen melalui berbagai platform online. Seperti Facebook, Instagram, group WA dan yang lainnya.

whatsapp bisnis
whatsapp bisnis

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan database dengan cara menggunakan pencarian group di google dan Facebook:

    • Ketikkan keyword di google dengan format sebagai berikut:
      • link group whatsapp + nama kota
      • link group whatsapp + kata kunci
      • link group whatsapp + kata kunci + nama kota

Contoh: link group WhatsApp + Jakarta

    • Atau bisa juga dengan pola keyword seperti ini:
      • chat.whatsapp.com + nama kota
      • chat.whatsapp.com + kata kunci
      • chat.whatsapp.com + nama kota + kata kunci

Contoh: chat.whatsapp.com + Jakarta

Melakukan pencarian pada group Facebook bisa dilakukan dengan cara login ke Facebook milik Anda terlebih dahulu, lalu kemudian Ketikkan kata kunci di kolom pencarian Facebook

    • chat.whatsapp.com + nama kota
    • chat.whatsapp.com + kata kunci
    • chat.whatsapp.com + nama kota + kata kunci

Setelah Anda mendapatkan link group yang diinginkan, langkah berikutnya adalah masuk dan bergabung dengan grup tersebut. Dengan cara bergabung dalam sebuah group WA, tentu kita akan bisa mendapatkan nomor WA para anggotanya sebagai target pemasaran Anda.

  1. Mengirimkan pesan ke banyak konsumen, hal ini bisa dilakukan dengan cara menyimpan database konsumen kita sebagai data contact di aplikasi WA, lalu kemudian melakuan broadcast message. Contoh broadcast yang biasanya dikirim berupa ucapan selamat ulang tahun, hari raya atau pesan lainnya.
  2. Mengirim pesan marketing di aplikasi WhatsApp, hal ini bisa Anda lakukan dengan cara mengirimkan pesan yang berupa sebuah promosi atau penawaran produk/jasa kepada konsumen/bakal calon konsumen Anda.
  3. Membagikan foto/Video produk/jasa dengan keterangan yang lengkap dan jelas.
  4. Hindari spaming dalam mengirim pesan secara berlebihan.
  5. Buat sebuah pesan/informasi yang sifatnya memberikan sesuatu ke calon pelanggan Anda, contohnya dengan cara memberikan tutorial tertentu, sharing konten berita yang bermanfaat untuk calon pelanggan Anda.
  6. Sebarkan informasi mengenai bisnis yang Anda jalani serta nomor WA untuk dapat dihubungi ke berbagai media sosial. Hal ini dilakukan agar meningkatkan kemungkinan calon konsumen bertambah.
  7. Berikan respon yang cepat dan baik kepada pelanggan, jika Anda berada dalam kondisi diluar jam kerja yang diperkirakan akan terjadi keterlambatan dalam menjawab respon dari pelanggan Anda, sangat disarankan untuk melakukan settingan informasi jam kerja pada profil WA bisnis Anda. Dengan cara ini, setidaknya pelanggan akan memaklumi jika Anda terlambat menjawab pertanyaam mereka saat diluar jam kerja.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WhatsApp Blast Untuk Customer Service | Jasa SEO Website

Jasa SEO Website  - Aplikasi WhatsApp bisnis blast saat ini mulai banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk keperluan  customer service . ...