Email Blast Gratis - Apakah Anda pernah mengeluarkan modal atau budget yang gila-gilaan untuk melakukan promosi digital, tetapi belum berhasil mencapai target yang diharapkan?
Hal umum yang biasanya ditargetkan oleh para pelaku marketing dalam menjalankan strategi digital marketing yaitu, meningkatkan atau membangun brand awareness atau meningkatkan konversi penjualan. Tidak sedikit juga pemilik bisnis yang gagal mencapai hal tersebut. Hal itu dapat terjadi karena mereka sering kali melakukan kesalahan pada saat menjalankan strategi digital marketing.
Lalu apa saja kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan dalam menjalankan strategi digital marketing ini?
Sumber Kegagalan Strategi Email Blast Dan Strategi Digital Marketing Yang Lainnya
Sumber Kegagalan Strategi Email Blast Dan Strategi Digital Marketing Yang Lainnya |
Sebelum Anda menjalankan kegiatan digital marketing seperti Email Blast Marketing, Sosial Media Marketing, dan lain sebagainya. Anda perlu mengumpulkan data dan juga informasi terkait dengan target pasar yang Anda incar. Informasi mengenai target pasar yang Anda incar ini, harus bisa Anda dapatkan sedetail mungkin.
Anda bisa memperoleh informasi tentang audiens tersebut dengan cara menggunakan platform berbayar ataupun gratis untuk mengumpulkan datanya. Dan biasanya, platform gratis cenderung memiliki kekurangan pada keakuratan data dan juga keterbatasan yang lainnya.
Menggunakan Banyak Platform Digital Sekaligus
Platform digital marketing yang biasanya banyak digunakan hingga saat ini antara lain , seperti SMS Blast, email blast gratis/berbayar, mesin pencari, media sosial, blog, dan lain sebagainya.
Namun yang perlu diingat adalah, semakin banyak platform digital yang Anda gunakan, maka akan semakin besar pula dana atau budget yang Anda butuhkan . SDM yang diperlukanpun juga akan semakin meningkat.
Selain itu, setiap jenis platform digital juga memiliki karakteristiknya masing-masing, dan hal ini lah yang membuat kegiatan marketing terutama konten marketing memerlukan konten yang berbeda-beda untuk setiap jenis platformnya.
Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan riset untuk mengetahui mana platform yang cocok dengan bisnis Anda dan paling banyak digunakan oleh para target audiens yang Anda tuju, sehingga konten yang Anda buat dapat lebih efektif, tepat sasaran, dan biaya yang dikeluarkan sangat efektif.
Lupa Mempromosikan Kontennya
Dana untuk memproduksi atau membuat konten haruslah seimbang dengan dana untuk kegiatan promosinya. Alsannya karena, orang-orang tidak akan tahu atau mengenali konten/brand Anda, jika Adna sendiri tidak mempromosikannya. Hal tersebutlah yang dapat membuat kegiatan digital marketing yang dijalani menjadi sia-sia.
Mempromosikan konten ini sangat penting, karena dapat membuat jangkauan konten menjadi lebih luas, dan akan banyak orang yang menyadari atau melihat brand bisnis milik Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjalankan strategi digital marketing, khususnya strategi konten marketing menggunakan platform email blast. Anda terlebih dahulu harus melakukan pembagian dana yang seimbang, antara dana pembuatan konten dan dana untuk mempromosikan konten tersebut.
Tidak Memahami Target Audiens Yang Dituju
Tidak memahami atau tidak mengenal target audiens yang dituju merupakan kesalahan yang sangat fatal. Karena hal tersebut akan berdampak sangat besar seperti, konten/produk yang dibuat tidak sesuai dengan target audiens dan berujung pada konversi penjualan yang menurun drastis. Dan dapat membawa campaign tersebut kedalam jurang kegagalan.
Cara terbaik untuk memahami dan mengenal target audiens yang dituju adalah dengan cara melakukan analisa dan mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait dengan audiens yang dituju. Selain itu, kegiatan komunikasi dua arah antara brand dengan konsumen juga sangat penting untuk dilakukan.
Tidak Konsisten Dalam Menjalankan Strategi Digital Marketing
Tidak sedikit juga pemilik usaha yang tidak konsisten dalam menjalankan kegiatan marketing. Seperti melakukan promosi besar-besaran pada awal membuka usahanya, lalu lama kelamaan tidak ada acara promosi ataupun kegiatan marketing yang lainnya lagi.
Padahal, strategi digital marketing ini harus tetap dilakukan selama bisnis atau usaha tersebut masih berjalan. Hal itu dikarenakan, setiap harinya persaingan dalam dunia bisnis semakin meningkat. Karena hal tersebut, Anda sebagai pemilik bisnis harus tetap konsisten dalam menjalankan kegiatan digital marketing ataupun kegiatan marketing yang lainnya, agar bisnis Anda tetap dapat bersaing dengan bisnis yang lainnya.
Hal-hal diatas sangat penting untuk diperhatikan bagi para pelaku marketing yang akan atau mau menjalankan strategi digital marketing, agar terhindar dari kesalahan-kesalahan fatal yang dapat menyebabkan kegagalan pada strategi marketingnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar