WhatsApp Bisnis - Dengan menggunakan strategi promosi yang tepat, Anda pastinya akan menerima banyak keuntungan dari sisi “brand awareness”. Tidak hanya itu saja, Anda juga pasti bisa mencapai target penjualan Anda dengan lebih efektif.
Strategi Pemasaran Yang Efektif Saat Ini
- Manfaatkan
Media Sosial
Dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter,
Instagram. Anda pastinya bisa memanfaatkan media sosial tersebut untuk
melakukan strategi promosi untuk brand Anda.
Dengan teknik dan rencana yang tepat, maka pendekatan yang
Anda lakukan menjadi lebih personal sehingga bisa ‘lebih dekat’ dengan target
market. Karena jika tidak adanya pendekatan yang baik dengan target
market, maka akan sangat sulit menjalankan strategi pemasaran produk.
Di era digital seperti sekarang ini, persaingan bisnis pun
makin ketat tiap harinya. Sehingga, hubungan yang baik dengan target market saat
ini akan menjadi sebuah nilai plus dan juga keuntungan tersendiri.
- Mensponsori
Acara
Meskipun strategi promosi melalui social
media saat ini masih sangat efektif, tapi jangan pernah lupakan strategi pemasaran
secara konvensional. Salah satunya adalah menjadi penyelengara
acara kontes/event untuk menarik minat dan banyak pelanggan yang potensial.
Dengan hanya menampilkan logo brand Anda pada acara
event tersebut, maka brand Anda akan dilihat dan juga dikenang
oleh para pengujung event yang Anda buat.
Jadi, jika Anda ingin mencoba memasarkan produk Anda ke
kalangan baru untuk menjaring calon pelanggan yang potensial, maka strategi
mensponsori acara/event ini akan sangat berguna dan efektif.
- Bagi-bagi
Produk
Jika brand Anda mempunyai produk baru dan
ingin memperkenalkannya kepada banyak orang, maka salah satu strategi
promosi yang sesuai untuk Anda gunakan adalah dengan cara
membagi-bagikan produk Anda kepada para pelanggan/calon pelanggan. Anda bisa
membagikan produk Anda secara gratis bisa dalam bentuk sample atau tester.
Jika produk Anda bukan barang fisik melainkan produk digital,
maka strategi diatas tidak akan bisa Anda lakukan, Anda bisa mencoba dengan
cara membagikan free subscription atau free trial
kepada para pelanggan/calon pelanggan Anda.
- Melakukan
Pendataan Pelanggan
Mengumpulkan data pelanggan juga merupakan salah strategi
pemasaran produk yang direkomendasikan. Ketika Anda sedang melakukan
penjualan/memperkenalkan produk, pastikan juga Anda bisa mendapatkan data para
pelanggan Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Data pelanggan yang Anda dapatkan,
bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan strategi pemasaran produk Anda yang
berikutnya.
- Beri
Insentif untuk Setiap Rekomendasi
“Word of mouth” merupakan salah satu jenis
pemasaran yang terbukti masih sangat efektif hingga saat ini. Menurut data yang
didapatkan, lebih dari 90% orang akan membeli produk/jasa yang direkomendasikan
oleh orang terdekat mereka.
Untuk mendukung strategi pemasaran word of mouth, berilah
sebuah insentif kepada para pelanggan Anda yang berhasil mengajak pelanggan
baru untuk membeli produk/jasa Anda.
Insentif ini bisa Anda berikan dalam bentuk seperti kupon
diskon, uang tunai atau bisa juga produk. Dengan cara seperti itu, para pelanggan
Anda akan termotifasi dan akan terus menawarkan produk Anda kepada teman/orang
lain.
- Tempatkan
Produk Pada Tempatnya
Selain pemasaran yang tepat, penempatan produk
juga sangat penting. Penempatan produk yang asal tentunya tidak akan menarik
minat konsumen.
Sebagai contoh, jika produk yang Anda jual adalah baterai, maka sebaiknya letakan produk tersebut di tempat bagian elektronik untuk menarik minat.
Gunakan Layanan Email Blast Untuk Promosi Produk
Anda bisa menggunakan bantuan tools email blast untuk
menyebarkan informasi mengenai produk baru ataupun event promo kepada para
konsumen Anda. Email blast ini juga sangat berguna untuk membuat Anda lebih
dekat lagi dengan para pelanggan Anda. Email blast ini juga memiliki beberapa
keuntungan yang pastinya akan menarik minat Anda untuk menggunakannya, seperti:
·
Lebih ekonomis.
·
Target market dapat diatur.
·
Dapat diukur dan mudah dioperasikan.
·
Mudah dishare dan juga terintegrasi dengan media
sosial.
·
Meningkatkan brand awareness.
·
Tersedianya fitur matrik dan juga analitik email
yang dikirim.
·
Bersifat personal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar